DetikNews
Selasa 13 Maret 2018, 16:49 WIB

Pilgub Jabar 2018

Pengamat: Ini Catatan Penting Pasca Debat Perdana Pilgub Jabar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Pengamat: Ini Catatan Penting Pasca Debat Perdana Pilgub Jabar Foto: Mukhlis Dinillah
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jabar
Bandung - Debat Pilgub Jabar menyisakan sejumlah catatan penting. Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan menilai program-program yang ditawarkan kepada publik belum tereksplore dan memiliki perbedaan mencolok.

Menurutnya ada beberapa program menarik yang disampaikan para calon dalam debat Pilgub Jabar tadi malam. Misalnya yang disampaikan paslon TB Hasanuddin - Anton Charliyan (Hasanah) terkait program Boga Gawe, Imah Reumpeug dan Molotot.com.

"Ada beberapa isu menarik sebetulnya kalau dikuantifikasi dan diperdalam pada awal itu mengatakan akan mengurangi setengah pengangguran, akan memberikan cicilan rumah dp 1 persen, tapi tidak tereksplore. Molotot.com itu secara gimik bagus ya. Orang memahami soal pengawasan, tapi semua kandidat juga bicara, jadi apa diferensiasinya," kata Firman saat dihubungi, Selasa (13/3/2018).

Ia mengatakan program-program yang belum terelaborasi dengan baik ini membuat publik sulit menilai apakah janji politik itu realistis atau tidak. Pasalnya, sambung dia, para paslon belum memaparkan lebih jauh langkah kongkret untuk merealisasikan program tersebut.

"Publik belum bisa melihat sejauh mana realistisisnya yang menyelesaikan banyak problem di Jabar. Misalnya program DP 1 persen itu seperti apa, ini tidak terelaborasi. Mungkin karena keterbatasan waktu juga," ungkap dia.

Dia menuturkan pekerjaan rumah selanjutnya untuk para paslon yakni mengelaborasikan program yang sudah disampaikan ke publik dengan langkah kongkret. Sebab, sambung dia, lambat laut publik akan menuntut para paslon untuk memaparkan lebih jauh terkait program tersebut.

"Bagaimana visi misi didorong hal-hal kongkret. (Paslon) harus bergerak bagaimana program kongkretnya ini evaluasi dan PR-nya, publik akan menuntut," kata Firman.
(ern/ern)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jabar
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed