detikNews
Jumat 09 Maret 2018, 18:32 WIB

17 Titik di Bandung Rawan Banjir

Tri Ispranoto - detikNews
17 Titik di Bandung Rawan Banjir Foto: Istimewa
Bandung - Hujan deras yang mengguyur merata di Kota Bandung membuat sejumlah daerah kembali tergenang banjir pada Kamis (8/3/2018) malam. Bahkan hingga Jumat pagi sejumlah titik masih tergenang banjir.

Kabid Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Tedi Setiadi mengatakan banjir yang terjadi pada Kamis kemarin mayoritas berada di wilayah timur seperti Adipura, Cikiley, Cingised dan Gedebage.

"Semalam itu beberapa titik di timur mengalaminya (banjir), hampir bersamaan," ujar Tedi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (9/3/2018).

Selain karena curah hujan yang tinggi, banjir di wilayah timur juga diperparah dengan jebolnya tanggul Sungai Cironggeng selebar kurang lebih 20 meter. Sehingga air sungai menggenangi jalan dan rumah warga.

Untuk sementara, kata Tedi, pihaknya akan memasang rucuk di area tanggul jebol. Jika kondisi sudah memungkinkan rucuk tersebut akan kembali dibuat tanggul permanen.

Disinggung di mana saja lokasi banjir pada Kamis kemarin, Tedi mengatakan mayoritas di daerah timur Bandung. Sementara untuk daerah barat seperti Pagarsih dan Pasteur disebutnya aman.

"Bandung itu ada 16-17 titik yang sewaktu-waktu bisa banjir. Tapi kemarin hanya di timur, dan barat relatif aman," ucapnya.

Tedi memastikan tim akan selalu berjaga selama 24 jam untuk mengantisipasi banjir kembali terjadi. Bahkan pihaknya sudah menyiagakan tim khusus di sejumlah perumahan dengan bekal pompa dan truk penyedot air.

"Kita masih siaga karena katanya Maret ini hujan terus-terusan. Puncaknya musim hujan," ujarnya.
(ern/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com