DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 08:56 WIB

Enam Kapolres di Jawa Barat Diganti

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Enam Kapolres di Jawa Barat Diganti Kapolres Bandung AKBP Nazly Harahap menjadi Pamen Baintelkam BIN/Foto: Pool/Wisma Putra.
Bandung - Rotasi di tubuh Polri terjadi juga di wilayah hukum Polda Jabar. Enam Polres di Jabar memiliki komandan baru.

Keenam Polres itu yaitu Polres Bandung, Polres Banjar, Polres Ciamis, Polres Cirebon Kota, Polres Purwakarta dan Polres Tasikmalaya Kota. Rotasi enam polres tertuang dalam surat telegram rahasia Kapolri yang ditanda tangani As SDM Polri Irjen Arif Sulistyanto pada Kamis 8 Maret 2018 kemarin.

Polres Bandung yang sebelumnya dipimpin AKBP Nazly Harahap digantikan oleh AKBP Indra Hermawan yang sebelumnya menjadi Kapolres Mimika Papua. Nazly selanjutnya akan menjabat Pamen Baintelkam BIN.

AKBP Matrius yang sebelumnya menjabat Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jabar diangkat sebagai Kapolres Banjar menggantikan AKBP Twedi. Twedi akan berpindah tugas di Polres Purwakarta menggantikan AKBP Dedy Tabrani yang dipindah tugas Korps Brimob Polri.

Polres Cirebon Kota juga punya komandan baru. AKBP Ade Vivid yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres akan diangkat menjadi Wakapolres Metro Jakarta Utara. AKBP Roland Ronaldy yang sebelumnya bertugas di Div Hubinter Polri akan mengisi kekosongan yang ditinggal Ade Vivid.

AKBP Nugroho Arianto yang menjabat Kapolres Ciamis dimutasi ke Polda Sulawesi Tengah. Posisi Kapolres Ciamis kini diberikan kepada AKBP Bismo Teguh yang sebelumnya menjabat Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan.

AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf juga kini memegang tongkat komando. Pria yang menjabat Kabag Ops Polrestabes Bandung tersebut diangkat menjadi Kapolres Tasikmalaya Kota. Ia menggantikan AKBP Adi Nugroho yang kini bertugas di Polda Maluku Utara sebagai Wadir Intelkam.

Selain Kapolres, pergantian juga terjadi di tubuh pejabat utama Polda Jabar. Dir Pamobvit Polda Jabar yang sempat diisi Kombes Suharno akan berpindah ke Kombes Deden Garnada yang sebelumnya menjabat Kabid Propam Polda Kaltim. Karo Sarpras Polda Jabar dari Kombes Endang Syafrudin berpindah ke Kombes Aton Suhartono.

Kabid Humas Polda Jabar AKBP Hari Suprapto membenarkan adanya pergantian Kapolres di Jabar.

"Benar, sesuai TR (telegram rahasia) yang keluar ada beberapa Kapolres berganti," ucap Hari via telepon genggamnya, Jumat (9/3/2018).

Hari mengungkapkan proses serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama ke pejabat baru akan segera dilangsungkan. Namun belum ada jadwal pasti sertijab tersebut.

"Tapi maksimal tidak akan lebih dari dua pekan sejak TR keluar," kata Hari.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed