DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 08:34 WIB

Banjir, Sejumlah Jalan di Kabupaten Bandung Lumpuh

Wisma Putra - detikNews
Banjir, Sejumlah Jalan di Kabupaten Bandung Lumpuh Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bandung kembali dilanda banjir. Banjir akibat luapan Sungai Citarum itu terjadi di Kecamatan Bojongsoang, Baleendah dan Dayeuhkolot.

Tidak hanya menggenangi pemukiman warga, banjir juga melumpuhkan akses lalu lintas yang berada di seputaran jalan di tiga kecamatan itu.

"Jalan Raya Dayeuhkolot-Banjaran, Dayeuhkolot-Moh Toha dan Taman Kota Baleendah tidak dapat dilintasi. Ketinggian air di jalan tersebut sekitar 50 cm," kata Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polres Bandung Ipda Sugiharto via telepon, Jumat (9/3/2018).

Banjir, Sejumlah Jalan di Kabupaten Bandung LumpuhFoto: Wisma Putra


Sementara itu, antrean kendaraan terjadi di Jalan Raya Bojongsoang arah Baleendah menuju Kota Bandung. Menurut Sugih sapaan karibnya, antrean kendaraan itu terjadi karena ada genangan air di jalan yang berada di Kampung Cikarees, Baleendah dan Kampung Cijagra, Bojongsoang.

"Ketinggian air di Cikarees sekitar 40 cm, di Cijagra 30 cm. Akibat genangan air itu terjadi perlambatan kendaraan sehingga terjadi antrean," terangnya.

Sugih mengungkapkan antrean kendaraan dari arah Baleendah menuju Kota Bandung ekor antrean kendaraan mencapai Tugu Siliwangi, Baleendah. Sementara untuk dari arah Kota Bandung menuju Baleendah ekor antrean kendaraan sudah mencapai Pos Polisi Kersen, Bojongsoang.

Pihaknya berharap, bagi pengguna sepeda motor dan mobil berjenis sedan untuk mencari jalur alternatif. Pasalnya genangan air di jalan tersebut masih cukup tinggi.

"Jalan alternatif dari Majalaya atau Ciparay menuju Kota Bandung dapat gunakan jalur Rancaekek-Cileunyi. Dari Pameungpeuk, Banjaran, Pangalengan dapat menggunakan jalan Soreang-Kopo," ungkapnya.

Karena genangan air di jalan tersebut masih cukup tinggi, pihaknya juga sudah memasang spanduk peringatan di bawah under pass Tol Buahbatu, bagi kendaraan roda empat dan kendaraan besar berjenis truk untuk berputar arah dan menggunakan jalan tol.

"Kendaraan roda empat bisa masuk jalan tol, spanduk imbau sudah kami pasang di bawah under pass Buahbatu," ujarnya.

Banjir, Sejumlah Jalan di Kabupaten Bandung LumpuhFoto: Wisma Putra


Sementara itu salah satu pengguna jalan Jejen mengatakan volume kendaraan di Jalan Raya Bojongsoang pagi ini sudah mengalami peningkatan terutama untuk roda dua. Pihaknya memilih memutar arah karena genangan air di jalan tersebut masih tinggi.

"Airnya masih tinggi, knalpot motor juga sudah ke tutup air, jadi puter arah via Banjaran-Kopo, kalau maksain takut mogok. Alhamdulillah Jalan Banjaran-Kopo lancar," ujar nya via pesan singkat.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed