DetikNews
Kamis 08 Maret 2018, 19:12 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Oded-Yana Siapkan Jaring Lele Coy untuk Ekonomi Pemuda

Tri Ispranoto - detikNews
Oded-Yana Siapkan Jaring Lele Coy untuk Ekonomi Pemuda Oded M Danial-Yana Mulyana (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Keberadaan pemuda di Kota Bandung menjadi perhatian tersendiri bagi Calon Wali Kota (Cawalkot) dan Wakil Wali Kota (Cawawalkot) Oded M Danial-Yana Mulyana jika menang Pilwalkot Bandung 2018. Pasangan Calon (Paslon) nomor urut tiga itu menyiapkan program bernama Jaring Lele Coy.

Jaring Lele Coy singkatan dari Jaringan Pelebaran Lapak Ekonomi dengan Pembentukan Co-Working Space Anak Muda (Youth). Cawalkot Oded mengatakan Kota Bandung adalah daerah dengan populasi anak muda yang besar. Selain itu Kota Bandung juga dikenal dengan banyaknya pusat kreatif. Sehingga perlu ada dorongan untuk menyalurkan itu semua.

"Tugas Pemkot Bandung lah yang dapat menjembatani serta memfasilitasi supaya anak-anak muda Bandung dapat menyongsong tantangan zamannya," kata Oded dalam keterangan tertulis, Kamis (8/3/2018) malam.

Dalam hal ini ia berjanji memberikan perhatian khusus kebutuhan pemuda yang mencari peluang bisnis tanpa harus bergantung pada sistem perputaran uang berunsur riba.

Oded menjelaskan fenomena Pemuda Hijrah yang saat ini berkembang bisa menjadi contoh baiknya proses ekonomi berbasis syariah, meski bermodal kecil. Sehingga hal itu akan menjadi perhatiannya.

"Mereka ini, kebanyakan anak muda, yang sedang bergairah untuk berhijrah. Mereka sedang semangat membangun kemandirian. Tentu diperlukan perhatian khusus agar potensi pengembangan usaha mereka bisa setara dengan usaha dengan sistem yang sudah umum. Saya tidak ingin ada warga yang luput dari perhatian," katanya.

Selain hal itu pihaknya juga menyiapkan pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat di setiap kecamatan. Bahkan jaringan pengembangan usaha itu akan didorong untuk menyentuh warga hingga ke tingkat RW.

Namun, kata Oded, permasalahan di kewilayahan adalah kurangnya pertemuan antara kepala daerah dengan warganya. Sehingga jika terpilih nanti, dia akan mengagendakan pertemuan dengan para ketua RW secara rutin tiga bulan sekali.

"Tujuannya untuk menyamakan persepsi, yang jelas mereka harus cerdas dan pintar. Itu baru luar biasa," kata Oded.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed