DetikNews
Rabu 07 Maret 2018, 17:27 WIB

Dua Nama Jalan di Bandung Berubah Jadi Majapahit dan Hayam Wuruk

Mukhlis Dinillah - detikNews
Dua Nama Jalan di Bandung Berubah Jadi Majapahit dan Hayam Wuruk Foto: Istimewa
Bandung - Rekonsiliasi budaya Sunda-Jawa tengah dilakukan tiga provinsi. Salahsatunya dengan cara mengubah nama jalan di ibukota provinsi. Di Kota Bandung, ada dua ruas jalan provinsi yang akan diberi nama Jalan Majapahit dan Jalan Prabu Hayam Wuruk.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan dua jalan provinsi yang diusulkan akan diganti adalah Jalan Gazebo (depan Hotel Pullman) dan Jalan Kopo pendek (RS Immanuel). "Namun belum ditentukan mana yang akan menjadi Jalan Majapahit dan Jalan Prabu Hayam Wuruk. Nanti harus mendengar masukan dari tokoh masyarakat dahulu," ujar Aher, Rabu (7/3/2018).



Menurutnya perubahan nama itu secara resmi akan dilakukan pada April mendatang. "Iya targetnya bulan depan. Sekarang sedang nunggu SK (Surat Keputusan)," kata Aher.

Soal rekonsiliasi budaya dengan perubahan nama jalan, menurut Aher sudah mulai dilakukan tahun lalu. Di mana jalan arteri atau ring road di Yogyakarta berubah nama menjadi Jalan Padjadjaran dan Jalan Siliwangi.

Untuk di Surabaya, kata dia, nama Jalan Dinoyo berubah menjadi Jalan Sunda. Lalu Jalan Gunung Sari berganti nama Jalan Prabu Siliwangi.



"Tentu saja peristiwa masa lalu hanya untuk dikenang dan tidak boleh menimbulkan persoalan apalagi permusuhan sampai masa kini pada anak cucu dari kedua etnis besar ini," tandasnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed