Dukungan Ridwan Kamil Tak Jamin Yossi Menang di Pilwalkot Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 07 Mar 2018 08:58 WIB
Maskot Pilwalkot Bandung 2018. (Foto: istimewa)
Bandung - Pengamat Politik Unpad Firman Manan menilai dukungan yang diberikan Ridwan Kamil pada Cawalkot Bandung Yossi Irianto tidak menjadi jaminan untuk menang di Pilwalkot Bandung 2018.

"Kalau jaminan tentu tidak. Tapi kalau betul menyatakan dukungan tentu itu bisa jadi pengaruh positif," ujar Firman saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (7/6/2018).


Firman mengatakan dalam hal ini Emil, sapaan Ridwan, adalah seorang political influencer yang bisa menjadi referensi positif bagi Yossi. "Dalam artian warga Bandung cukup puas dengan kinerja Kang Emil. Bahkan kalau Kang Emil maju di Pilwalkot sekarang bisa menang lagi," katanya.

Menurut Firman dukungan tersebut hanya sebagian dari keuntungan Yossi untuk bisa menang. Soal kemenangan, kata Firman, ada variabel lain yang menjadi penentu seperti sosok calon, visi misi dan pola kampanye.

"Kalau benar sudah mendapat dukungan tinggal dikapitalisasi saja bahwa kami telah mendapatkan itu (dukungan Emil)," ucapnya.



Ia melihat sejauh ini dukungan Emil tidak hanya mempengaruhi warga Bandung yang puas atas kinerjanya tapi juga bagi generasi milenial. "Saya rasa generasi milenial ini yang punya keterikatan cukup tinggi. Tapi sejauh ini pengamatan saya warga cukup puas dengan kinerja Kang Emil," katanya.

Apakah dukungan tersebut bisa berbalik untung pada Emil di Pilgub Jabar, Firman mengatakan hal itu tidak akan berpengaruh secara signifikan. Sebab sejauh ini semua peserta di Pilwalkot Bandung, bahkan pasangan Yossi Irianto dan Aries Supriatna belum memiliki daya ungkit untuk perolehan suara.

"Mereka saja (calon Pilwalkot) masih berupaya menaikkan popularitas dan elektabilitas. Jadi tidak dalam konteks pengaruh pada hasil Pilgub Jabar di Kota Bandung. Saya pikir keberhasilan Kang Emil sudah menjadi modal, seharusnya bisa meraih suara maksimal di Bandung," ujar Firman. (bbn/bbn)