detikNews
Kamis 01 Maret 2018, 15:13 WIB

Mengintip Persiapan Perayaan Cap Go Meh di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Mengintip Persiapan Perayaan Cap Go Meh di Cirebon Suasana persiapan Cap Go Meh/Foto: Sudirman Wamad
Bandung - Sejumlah masyarakat Tiong Hoa mulai berbondong-bondong ke Wihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sejumlah masyarakat terlihat sibuk menghias tandu yang digunakan untuk arak-arakan dalam perayaan Cap Go Meh. Besok, Jumat (2/3/2018) masyarakat Tiong Hoa bakal mengarak patung dewa yang diletakkan di tandu, yang sudah dihias itu.

Sejumlah wihara yang ada di Wilayah 3 Cirebon mengirim tandu ke Wihara Dewi Welas Asih. Menurut Pembina Umat Wihara Dewi Welas Asih Junawi mengatakan sebanyak 16 patung dewa yang bakal diarak keliling Kota Cirebon.

"Ada 16 patung dewa yang bakal meramaikan Cap Go Meh, ada dari Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan lainnya. Mulai iring-iringan itu sekitar pukul 14.00 WIB," kata Junawi saat ditemui di Wihara Welas Asih, Kamis (1/3/2018).
Mengintip Persiapan Perayaan Cap Go Meh di Cirebon Foto: Sudirman Wamad

Junawi menyebutkan untuk rute Cap Go Meh bermulai dari gedung BAT, kemudian menuju Pasuketan, Pekiringan, lanjut menuju Sukalila, Karanggetas, Kanoman, Yalang, dan balik menuju wihara melalui Jalan Yos Sudarso.

Lebih lanjut, Junawi menjelaskan Cap Go Meh memiliki makna sebagai penutup perayaan pergantian tahun baru Imlek tahun 2569. Cap Go Meh, sambungnya, selalu diperingati 15 hari setelah acara Imlek.

"Cap Go Meh itu diambil dari kelahiran Khonghucu, yang ahli budi pekerti. Cap Go Meh itu budaya, agama apapun, etnis apapun, boleh merayakannya. Semoga ke depannya Cirebon, umumnya Indonesia semakin damai," ucapnya.
Mengintip Persiapan Perayaan Cap Go Meh di Cirebon Foto: Sudirman Wamad

Polisi Berlakukan Rekayasa Lalulintas

Sejumlah jalan yang bakal dilintasi arak-arakan Cap Go Meh diprediksi bakal padat. Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di Kota Cirebon, utamanya bagi kendaraan dari luar kota yang masuk ke Cirebon.

"Kita berlakukan pengalihan arus. Kalau dari arah Jawa Tengah kita alihkan ke jalur pantura kemudian menuju Kedawung dan Jalan Pilang Raya. Sedangkan dari arah Indramayu dialihkan menuju Pilang Raya dan arah RS Pelabuhan," kata Kasatlantas Polresta Cirebon AKP Rezkhy Setya saat ditemui di Mapolresta Cirebon.

Rezkhy mengatakan pengalihan arus dimulai sejak pukul 13.00 WIB hingga selesai. "Kalau dari surat yang diajukan mah selesai sekitar pukul 17.00 WIB. Arus lalu lintas diprediksi langsung normal kembali usia Cap Go Meh," ucapnya.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com