detikNews
Senin 26 Februari 2018, 15:11 WIB

Disdik Jabar Siapkan Rp 47 M untuk Pengadaan Komputer SMA-SMK

Mochamad Solehudin - detikNews
Disdik Jabar Siapkan Rp 47 M untuk Pengadaan Komputer SMA-SMK Kepala Dinas Pendidikan Jabar Ahmad Hadadi (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Dinas Pendidikan Jabar menyiapkan anggaran sebesar Rp 47 miliar untuk pengadaan komputer di sekolah negeri tingkat SMA dan SMK. Pengadaan unit baru komputer tersebut sebagai upaya agar semua SMA dan SMK di Jabar dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Apalagi tahun ini, Disdik Jawa Barat menargetkan pelaksanaan UNBK di tingkat SMA dan SMK bisa mencapai 100 persen. Sehingga berbagai upaya terus digulirkan demi mencapai target tersebut.

"UNBK kita targetkan 100 persen. Sebelumnya pada tahun kemarin baru 84,6 persen sisanya kurang lebih tinggal 15,4 persen lagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Jabar Ahmad Hadadi saat ditemui di SMKN 4 Bandung, Jalan Kliningan, Kota Bandung, Senin (26/2/2018).

Hadadi mengungkapkan, tahun ini pihaknya menyiapkan dana untuk pengadaan unit komputer baru untuk sekolah negeri. Saat ini, dia melanjutkan, proses lelang tengah berlangsung.

"UNBK itu sekitar April. Maret semoga sudah pengadaan. Anggarannya untuk SMK sebesar 20 miliar dan SMA 27 miliar rupiah," ujar Hadadi.

Di Jabar, menurut Hadadi, ada sekitar 4 ribu lebih SMA, SMK dan Madrasah Aliyah (MA) baik itu negeri dan swasta. Sebagian besar dari jumlah tersebut yang belum siap adalah sekolah swasta. Sementara negeri relatif sudah siap.

"Secara umum kami sudah lakukan pemetaan pendataan dan mereka siap (menggelar UNBK). Tentu kesiapan ini dilakukan dengan berbagai upaya mulai dari pinjam bahkan ada yang kontrak dengan pihak ketiga untuk sewa komputernya. Yang belum siap kebanyakan swasta dan MA. Tapi secara umum negeri siap untuk UNBK," tutur Hadadi.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com