DetikNews
Minggu 25 Februari 2018, 21:08 WIB

Pemkab Ciamis Sulap Halaman Sirkuit Sepeda Jadi Area Belanja

Dadang Hermansyah - detikNews
Pemkab Ciamis Sulap Halaman Sirkuit Sepeda Jadi Area Belanja Pasar dadakan di kawasan tempat parkir sirkut BMX Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Pemkab Ciamis mengeluarkan regulasi soal larangan pedagang kaki lima (PKL) tiap Minggu pagi berjualan di kawasan Taman Raflesia Alun-alun Ciamis. Aturan tersebut berlaku sejak awal 2018. Guna menata PKL, Pemkab Ciamis menyediakan area pengganti di halaman parkir sirkuit sepeda.

Warga Tatar Galuh Ciamis dapat berbelanja berbagai kebutuhan dengan harga murah dan terjangkau. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, pakaian, jajanan pasar, aksesoris hingga jualan hewan peliharaan.

Lokasi sirkuit ini memang strategis di pusat kota atau tepatnya di daerah Cigembor. Selain itu, terdapat Taman Hutan Kota yang dilengkapi arena olah raga. Hanya saja para pengunjung sedikit terhambat dengan pengaturan lalu lintas dan parkir yang belum tertata rapi.

"Tujuan menempatkan PKL ini untuk penataan kota. Respons para PKL juga positif. Awalnya dikhawatirkan sepi pembeli, ternyata masyarakat berdatangan ke kawasan sirkuit BMX ini," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis Oman Rohman di Taman Hutan Kota, Ciamis, Jawa Barat, Minggu (25/2/2018).

Solusi relokasi ini dianggap tepat. Dipilihnya halaman parkir sirkuit sepeda ini, menurut Oman, karena tempatnya representatif, sekaligus menghidupkan titik-titik keramaian di Ciamis agar merata.

"Titik keramaian di Ciamis ada tiga lokasi, di Lokasana, Taman Raflesia Alun-alun Ciamis dan sekarang di kawasan Sirkuit BMX," tutur Oman.

Salah satu warga, Suminar, merespons positif keberadaan pasar dadakan ini. "Cukup bagus, kami bisa berbelanja murah seminggu sekali," katanya.

Seorang pedagang, Yulia, menyambut baik penempatan berjualan di area tersebut. "Tempatnya luas," ucap Yulia.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed