DetikNews
Minggu 25 Februari 2018, 20:42 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Jurus Ruli Agar Milenial Bandung Belanja ke Pasar Tradisional

Tri Ispranoto - detikNews
Jurus Ruli Agar Milenial Bandung Belanja ke Pasar Tradisional Calon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat saat kampanye di Pasar Cihapit. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Calon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat memiliki jurus agar pasar tradisional bisa dilirik oleh generasi muda atau milenial milenial. Pria yang akrab disapa Ruli ini menilai ada beberapa hal yang membuat mereka enggan berbelanja ke pasar tradisional.

Menurut wakil dari Nurul Arifin ini jurus pertama ialah merevitalisasi pasar agar tampil menarik dan tidak lagi ada kesan becek. "Pertama ya revitalisasi. Kita rapikan supaya pasar enakeun tidak kotor," ujar Ruli saat berkampanye di sekitar Pasar Cihapit, Kota Bandung, Minggu (25/2/2018).

Ruli mengungkapkan kondisi pasar yang becek dan kotor membuat orang termasuk anak muda enggan berbelanja. Mereka lebih memilih ke pasar modern atau berbelanja di depan pasar tradisional yang menjorok ke jalan raya.

"Ini (Pasar Cihapit) adalah contoh pasar tradisional yang baik dan bersih. Pedagang tidak menjorok ke luar. Sedangkan kebanyakan pasar di Bandung ini kotor dan becek sehingga pedagang dan pembeli tumplak di luar, dan melanggar peraturan," ucapnya.

Jurus Ruli Agar Milenial Bandung ke Pasar TradisionalCalon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat berdialog dengan warga di Pasar Cihapit Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)

Ke depan, kata Ruli, ia memiliki program untuk merevitalisasi pasar-pasar di Kota Bandung agar tidak kalah dari pasar modern. Namun ia tetap akan mempertahankan budaya pasar tradisional salah satunya interaksi pedagang dan pembeli dalam bentuk tawar menawar.

Dalam konsep revitalisasinya nanti Ruli berjanji melengkapi pasar dengan berbagai inovasi seperti penitipan dan area permainan anak. Sehingga warga yang datang ke pasar tidak perlu lagi repot mengurus anaknya.

"Kita jaga orisinalitas pasar tradisional. Tapi kita tambahkan inovasi. Seperti di sini ada daycare-nya. Ini contoh yang baik," ucapnya.

Selain revitalisasi, Ruli juga akan mencanangkan program Beli Bandung. Program tersebut akan memfasilitasi para warga yang ingin berbelanja. Dalam hal ini warga ber-KTP Bandung bisa mendapat diskon besar jika membeli produk warga Bandung lain.

"Kita gairahkan kembali pasar bukan hanya lengkap dan sehat tapi bagaimana bisa menarik wisatawan. Dan tentunya mengajak warga Bandung untuk membeli produk warganya sendiri," ujar pria berkacamata itu.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed