DetikNews
Minggu 25 Februari 2018, 11:40 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Blusukan ke Pasar, Cawalkot Oded Cerita Soal Dagang Jagung

Tri Ispranoto - detikNews
Blusukan ke Pasar, Cawalkot Oded Cerita Soal Dagang Jagung Oded M Danial (berkopiah) berbincang dengan pedagang di Pasar Sederhana Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Mengisi akhir pekan, Calon Wali Kota (Cawalkot) Bandung Oded M Danial memilih blusukan ke Pasar Sederhana, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Selagi blusukan, cCawalkot nomor urut tiga itu berbagi pengalaman dengan para pedagang.

Pengalaman yang dibagi Oded tidak lain saat ia berhenti bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) atau kini berganti nama menjadi PT Dirgantara Indonesia. Sejak itu, pada 1998, Oded memilih untuk mencari nafkah dengan cara berdagang.

"Dulu saya jualan jagung di Andir. Sehari jualan bisa satu sampai dua truk jagung manis dan biasa," ujar Oded ditemui di sela-sela blusukan, Minggu (25/2/2018).

Berawal dari itulah Oded terus mengembangkan usahanya untuk berjualan beras dan kelapa di beberapa pasar lain. Bahkan, dia sempat merasakan menjadi bandar saat memiliki jongko sayuran di Pasar Induk Caringin.

"Jadi saya mah pengalamannya mulai dari dagang PKL sampai punya kios di Andir dan Caringin. Makanya pas kemarin ke Caringin masih pada kenal dengan Mang Oded," ucapnya.

Blusukan ke Pasar, Cawalkot Oded Cerita Soal Jualan JagungOded M Danial (berkopiah) berbincang dengan pedagang di Pasar Sederhana Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)

Belakangan usahanya itu ditinggalkan oleh Oded yang mulai terjun ke dunia politik. Kariernya dimulai saat ia masuk PKS dan menjadi anggota DPRD Kota Bandung mulai 2004 hingga 2013.

Lalu Oded mencoba peruntungan dengan maju di Pilwalkot Bandung 2013 sebagai wakil mendampingi Ridwan Kamil. Saat itu pasangan berjuluk RIDO menang dan berhasil menduduki bangku pimpinan Kota Bandung.

"Mang Oded mah belajar dari pengalaman menjadi pengusaha harus ulet, sabar, jujur dan amanah. Insya Allah berhasil," tutur Oded.

Selain berbagi pengalaman Oded juga mengkampanyekan program Lanjutkan Bandung Juara yang ia gulirkan di Pilwalkot Bandung 2018. Dalam programnya Oded berjanji akan membantu para pedagang pasar tradisional agar tidak kalah dari pasar modern.

"Kita akan melanjutkan program revitalisasi. Kita jaga agar pasar ini bersih, tidak becek dan higienis. Tahun ini Pasar Sederhana sudah diprogramkan untuk revitalisasi," ujar pria berkacamata itu.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed