DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 20:15 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Cawawalkot Yana Janji Tuntaskan Banjir Bandung Satu Tahun

Tri Ispranoto - detikNews
Cawawalkot Yana Janji Tuntaskan Banjir Bandung Satu Tahun Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Calon Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku siap menuntaskan masalah banjir di Kota Bandung dalam kurun waktu satu tahun jika menang bersama Calon Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pilwalkot Bandung 2018.

"Saya rasa satu tahun cukup untuk permasalahan banjir ini," ujar Yana usai berziarah di Makam Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (23/2/2018).

Cawawalkot Yana Janji Tuntaskan Banjir Bandung Satu TahunFoto: Tri Ispranoto


Yana mengatakan sebagai solusi ia akan melakukan pembenahan drainase agar memiliki fungsi untuk saluran sekaligus penyerapan air. Sebab selama ini drainase di Kota Bandung terlalu tertutup sehingga tidak ada resapan dan air mengalir percuma.

Solusi kedua, kata Yana, hal yang perlu dibenahi adalah permasalahan sampah. Untuk hal tersebut Yana akan menyiapkan infrastruktur berupa mesin pengolah sampah bertenaga surya yang harganya sekitar Rp 100 juta.

"Kalau masalah sampah saya kira hitungan bulan bisa selesai tergantung penganggaran. Lalu bikin biopori juga tidak mahal. Jadi kuncinya tetap keterlibatan warga dan komunikasi," ucapnya.

Selain hal tersebut Yana juga akan mulai mengubah prilaku warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Salah satu caranya dengan menegakkan sanksi bagi para pelanggar.

"Sanksi itu jangan rupiah tapi sosial. Misal pelanggar disuruh bersihin jalan sepanjang Dago terus divideokan, diliput sama teman-teman (wartawan). Jadi ada efek jeranya," katanya.

Ia berharap dengan berbagai solusi tersebut permasalahan banjir bisa teratasi sekaligus lingkungan Kota Bandung akan terjaga dengan kedisiplinan warga dan ketegasan pemerintah.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed