DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 23:58 WIB

Hujan Angin di Garut, Pohon Tumbang Timpa Kabel Listrik dan Jalan

Hakim Ghani - detikNews
Hujan Angin di Garut, Pohon Tumbang Timpa Kabel Listrik dan Jalan Pohon tumbang di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Hujan deras mengguyur kawasan perkotaan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akibatnya, sejumlah pohon roboh di beberapa titik.

Lokasi pertama terletak di kawasan Jalan Raya Otista, Kecamatan Tarogong Kidul. Hujan deras disertai angin kencang di kawasan ini yang berlangsung sejak sore tadi mengakibatkan sebuah pohon tumbang.

"Kejadiannya sekitar jam delapan (malam) tadi. Pas hujan gede, pohon awalnya kelihatan melengkung, terus runtuh," ungkap Deki Rukmana (21), seorang warga setempat kepada detikcom di lokasi kejadian, Kamis (22/2/18) malam.

Berdasarkan pantauan, sekitar pukul 22.40 WIB, material pohon menutupi setengah badan jalan. Arus lalu lintas dari arah perkotaan Garut menuju Tarogong terhambat.

Polisi mengamankan lokasi. Selain mengatur arus lalu lintas, petugas dibantu warga setempat berusaha mengevakuasi reruntuhan pohon menggunakan alat seadanya.

Menurut Deki, tidak ada kendaraan yang tertimpa reruntuhan pohon. Pasalnya, saat pohon tersebut runtuh, kondisi jalanan sepi. Namun, pohon tersebut hampir menimpa penjual durian yang mangkal di bahu jalan.

"Jalanan sepi, jadi enggak ada yang ketimpa," kata Deki.

Di saat yang bersamaan, ranting-ranting pohon di kawasan Simpang Lima, Tarogong Kidul, berjatuhan. Lokasinya tepat di depan kantor Badan Pendapatan Daerah Garut.

Di tempat ini ranting pohon menimpa kabel listrik yang membentang. Akibatnya, aliran listrik di kawasan tersebut hingga saat ini padam.

Polisi dibantu warga di lokasi ini juga masih berupaya mengevakuasi reruntuhan ranting pohon. Sedangkan petugas PLN berupaya untuk membenahi kabel listrik yang tertimpa reruntuhan.

"(listrik) Mati dari tadi. Soalnya kabel itu ketimpa sama ranting yang ukurannya gede-gede. Sekitar satu-dua meteran panjangnya," kata Encu (48), warga setempat sekaligus saksi mata kepada detikcom di lokasi.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed