DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 23:12 WIB

Tanggul Jebol, Permukiman di Paseh Bandung Tergenang Banjir

Wisma Putra - detikNews
Tanggul Jebol, Permukiman di Paseh Bandung Tergenang Banjir Banjir di Paseh Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Permukiman warga Paseh Bandung tergenang banjir saat hujan deras mengguyur. Air tak tertahan akibat tanggul anak Sungai Tarikolot masih jebol. Sudah tiga tahun tanggul jebol ini belum diperbaiki Pemkab Bandung.

"Tanggulnya masih jebol, jadi aliran air sungai meluber ke permukiman warga," kata Galih (24), warga Kampung Sukasari, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2/2017) malam.

Pantauan detikcom, sekitar pukul 22.30 WIB, volume air yang menggenangi dua RW di kampung tersebut semakin tinggi. Ketinggian air sudah mencapai lutut orang dewasa. Sejumlah warga sibuk evakuasi barang-barang yang berada di rumahnya seperti kasur dan kursi.

"Ketinggian bervariatif, dari betis sampai lutut. Bahkan jika rumah yang dekat aliran sungai airnya bisa mencapai pinggang orang dewasa," ujar Galih.

Warga lainnya, Susi Marliana (43), mengatakan air datang secara tiba-tiba. "Papan penahan agar air tidak masuk ke halaman rumah ikut jebol, jadi air juga ikut masuk rumah. Biasanya sederas apapun hujan di wilayah kami, tidak pernah masuk rumah," ujar Susi.

Kapolsek Paseh AKP Kurniawan menyebut sejumlah kampung yang ada di Kecamatan Paseh terendam banjir. "Benar ada genangan, saat ini anggota kami sudah ke lapangan (melakukan pengecekan)," ujarnya via telepon.

Bukan hanya di permukiman warga. Banjir terjadi di Jalan Raya Majalaya-Cicalengka, Majalaya-Ciparay, Andir-Baleendah dan Rancaekek jalur Bandung-Garut.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed