DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 19:41 WIB

Polisi Selidiki Penyebar Hoax Ulama Karawang Diteror

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Polisi Selidiki Penyebar Hoax Ulama Karawang Diteror Kapolres Karawang AKBP Hendy F Kurniawan (Foto: Luthfiana Awaludin/detikcom)
Karawang - Kabar teror terhadap seorang ulama membuat geger warga Karawang. Informasi yang menyebar via WhatsApp itu menyatakan seorang ulama bernama Kyai Haji Endang Darwis, seorang pengurus Pesantren Miftahul Jannah Karawang, diteror orang bersenjata api.

Informasi tertulis yang menyebar itu intinya ada tiga orang menggunakan jaket salah satu perusahaan ojek online mengawasi Kyai Haji Endang Darwis di Pesantren Miftahul Jannah, Desa Sukamakur, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (22/2/2018), pada pukul 03.00 hingga 03.30 WIB. Dalam tulisan disebutkan keberadaan tiga orang misterius membawa senjata api itu disaksikan tiga santri Miftahul Jannah, yaitu Deni, Hamdan dan Sofyan.

Polisi turun tangan menyelidiki kabar tersebut. "Kita langsung cek ke pesantren tersebut. Di sana tidak ada yang bernama KH Endang Darwis. Tiga santri atas nama Deni, Hamdan dan Sofyan, juga tidak ada," ungkap Kapolres Karawang AKBP Hendy F Kurniawan kepada wartawan di Mapolres Karawang, Kamis (22/2/2018).

Hendy memastikan bahwa kabar yang menyebar itu tidak benar. "Kabar ini adalah hoax yang disebar oleh orang tertentu untuk propaganda agar Karawang tidak kondusif," ujarnya.

"Belum dipastikan penyebar itu dari Karawang atau luar Karawang. Kami akan mendalami lebih lanjut," kata Hendy menambahkan.

Dia menduga informasi itu sengaja disebar oleh pemain isu teror terhadap pemuka agama. Ia berharap warga jangan resah dan tak segan untuk lapor polisi terdekat.

"Segera lapor kalau ada informasi yang mencurigakan," ujarnya.

Di tengah ramainya informasi teror kepada ulama saat ini, Hendy sudah mengerahkan anak buahnya di seluruh penjuru Karawang untuk ikut salat berjamaah di masjid.

"Kami juga setiap hari aktif operasi orang gila bersama Satpol PP, TNI dan unsur lainnya," ucap Hendy.

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed