Bule Prancis Pembersih Sampah Citarum Bikin Vlog Bareng Jokowi

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 22 Feb 2018 13:28 WIB
Gary Bencheghib (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Gary Bencheghib (23), bule asal Prancis yang pernah membersihkan sampah Sungai Citarum dan videonya viral, hadir dalam acara kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Situ Cisanti. Dia berkesempatan membuat vlog bareng orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Saya suka buat video berdurasi satu hingga tiga menit. Saya ke sini mau bikin vlog Presiden Jokowi ke hulu Citarum," ujar Gary di Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2/2018).

Sosok Gary dan kakaknya, Sam Bencheghib, membetot perhatian publik setelah film pendek karyanya soal Citarum yang kotor oleh aneka sampah itu viral di media sosial. Mereka menginisiasi gerakan bernama Make A Change World. Kedua pemuda tersebut membuat kayak dari botol-botol plastik dan membersihkan sampah di sungai.

Baca juga: 2 Bule Bersihkan Sampah Citarum Pakai Kayak dari Botol Plastik

Bule yang tumbuh besar di Pulau Dewata Bali itu mengajak masyarakat untuk menjaga Citarum. "Saya kira setiap orang harus melakukan sesuatu. Kalau tidak buang sampah di sembarangan, kamu bisa peduli, kamu dapat mengurangi plastik yang kamu gunakan, merestorasi air karena air adalah kehidupan. Tanpa air kita tidak bisa hidup," tutur Gary.

Gary tampil mengenakan kemeja putih, celana abu-abu dan menenteng satu kamera mirroless. Gary dan Jokowi meninjau Situ Cisanti yang merupakan hulu Citarum. Namun awak media tidak diperkenankan masuk lokasi.


Jokowi berkunjung ke Titik 0 Citarum tersebut untuk menanam pohon di lahan rehabilitasi. Pemerintah pusat turun langsung menjaga kelestarian dan menyelamatkan Citarum.

Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja, Pangdam III Siliwangi Mayjen Doni Monardo, Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Bupati Bandung Dadang M Naser.

Kapendam III Siliwangi Kolonel Desi Arianto menjelaskan saat di lokasi Situ Cisanti itu Gary membuat vlog. "Dia (Gary) ngobrol sama Pak Jokowi. Ngambil gambar (video) sama wawancara Pak Jokowi," kata Desi via telepon. (bbn/bbn)