DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 17:47 WIB

Pilwalkot Bandung 2018

Yossi-Aries Janjikan Cetak 50 Ribu Wirausahawan Baru di Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Yossi-Aries Janjikan Cetak 50 Ribu Wirausahawan Baru di Bandung Foto: Istimewa
Bandung - Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Yossi Irianto-Aries Supriatna menjanjikan akan mencetak 50 ribu wirausahawan baru jika menang di Pilwalkot Bandung 2018.

"Untuk mengurangi jumlah pengangguran, kami siapkan program untuk menumbuhkan 50 ribu wirausahawan baru," ujar Cawawalkot Aries melalui rilis yang diterima detikcom, Rabu (21/2/2018).

Menurut Aries program tersebut sudah disiapkan dalam 15 program prioritas dengan jargon Hebat dan Ringkas (HeBring). Dalam programnya tersebut ia yakin bisa menjawab tantangan pengangguran di tengah pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung yang cukup pesat.

Saat ini, kata Aries, cukup banyak program pencetakan dan pelatihan wirausahawan baru yang dilakukan pemerintah. Namun program tersebut berjalan sporadis dan tidak terintegrasi dengan baik karena buruknya perencanaan.

"Semua program untuk pencetakan wirausaha baru akan berjalan terintegrasi dari hulu sampai hilir. Semua program misalnya perekrutan calon wirausahawan, pelatihan, akses dan penguatan permodalan hingga akses pemasaran akan dilakukan secara terencana dan sinergi," katanya.

Ia mencontohkan, pola perekrutan calon wirausahawan baru harus dilakukan secara selektif. Sebab, tidak semua orang memiliki minat dan bakat untuk menjadi seorang wirausahawan.

Jika hal tersebut sudah berjalan, ia optimistis program 50 ribu wirausahawan akan mampu mengurangi angka pengangguran di Kota Bandung. Terlebih satu orang wirausahawan bisa mempekerjakan minimal dua orang karyawan.

"Program pencetakan wirausaha baru ini ujung-ujungnya adalah untuk mengurangi angka pengangguran. Kami optimistis dalam waktu lima tahun, jumlah pengangguran akan berkurang drastis," ujar pria yang juga Anggota DPRD Kota Bandung itu.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed