DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 09:47 WIB

Wanita Ini Diduga Ibunya Bocah yang Diterlantarkan di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Wanita Ini Diduga Ibunya Bocah yang Diterlantarkan di Sukabumi NY diduga ibu dari Puput/Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Foto seorang perempuan berinisial NY diduga ibu dari Putri alias Puput masih tersimpan di kediaman Yana, ketua RT 03 RW 06, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Di lokasi itu, NY bersama ibunya MN dan Puput sempat tinggal selama 3 hari di kediaman warga bernama Ria. Warga sendiri tidak menyangka jika NY tega meninggalkan anaknya di tengah sawah.

Baca Juga: Ibu Bocah Telantar Sukabumi Sempat 3 Hari Numpang di Rumah Warga

Yana, ketua RT 03 mengaku tidak mengenal NY, karena saat menginap di kediaman Ria salah seorang warganya tidak segera melapor kepada pihaknya.

"Selain NY ada juga Bu MN ibunya atau nenek dari Puput yang sudah tinggal selama 3 hari sejak hari Rabu (14/2/2018). Tidak ada laporan kepada pihak saya selaku ketua RT padahal aturannya 1 x 24 jam wajib lapor, jadi ketika Bu MN minta tolong mau jemput Puput saya tolak," kata Yana kepada detikcom, Rabu (20/2/2018).

Yana juga mengaku sempat meminta surat pindah, surat nikah dan dokumen lain namun saat itu MN tidak bisa menunjukan. "Dia bilangnya mau jemput cucunya di panti asuhan, tapi tidak saya kabulkan karena saya juga takut ya soalnya identitas mereka tidak menguatkan," lanjutnya.

Yana kemudian menunjukan foto NY, menurut informasi yang dia peroleh NY sendiri sedang bekerja ke Bandung.

Sementara itu Ria, warga yang sempat ditinggali oleh NY dan MN membenarkan ketika detikcom menunjukan foto Puput. Menurut mereka itu adalah anak perempuan yang memang pernah tinggal bersama nenek dan ibunya di rumah miliknya.

"Ia itu Puput, saat itu neneknya sempat nyari. Teh MN sempat bilang kalau putrinya NY menyebut Puput sengaja ditinggal di daerah Benteng dan menginap di rumah ketua RT, tapi pada saat teh MN datang ke sana katanya Puput sudah dibawa ke Panti Asuhan," tutur Ria.

Ria mengaku ada hubungan keluarga jauh dengan keluarga MN, dia memanggil MN dengan sebutan teteh (kakak perempuan) karena pernah menikah dengan kakak dari suaminya.

"Awalnya kasihan, mereka ngontrak pindah-pindah. Mereka minta izin mau tinggal sebentar ya saya izinkan, tahu-tahu ada masalah begini suami saya juga sampai marah pakaian mereka katanya disuruh dibuangin aja," sambungnya.

Di hari NY membawa Puput, ibu muda itu sempat berpamitan untuk membawa Puput jajan. "Taunya sampai sore enggak ada kabar, teh MN neneknya sampai panik dan mencari tapi tidak ketemu," tandas dia.

Kasus ini sudah ditangani aparat kepolisian, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo telah memerintahkan unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) untuk melakukan penyelidikan.

"Informasi (pelaku) sudah masuk, kita sedang chek kebenarannya, kita juga melakukan profiling terhadap pelaku, tunggu prosesnya," singkat Susatyo.

[Gambas:Video 20detik]


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed