DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 21:15 WIB

TB Hasanuddin Yakin Pilgub Jabar Aman, Asalkan...

Mukhlis Dinillah - detikNews
TB Hasanuddin Yakin Pilgub Jabar Aman, Asalkan... Foto: Erna Mardiana
Bandung - Cagub Jabar nomor urut 2 TB Hasanuddin yakin selama pelaksanaan Pilkada serentak di Jabar akan berlangsung aman. Namun hal itu bisa terlaksana asalkan penyelenggara pemilu bersikap profesional khususnya saat tahapan pencoblosan.

Menurutnya penyelenggara pemilu harus selektif dalam memilih perangkat pengawas saat tahapan pencoblosan. Sebab, sambung dia, jangan sampai terjadinya keraguan dari masyarakat atau pemilih terhadap regulasi pemilu.

"Saya kira fungsi (perangkat) yang harus disiapkan dengan baik, jangan sampai ada yang menimbulkan keraguan peraturan," kata TB saat berkunjung ke kantor detik.com di Trans Studio Bandung, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Senin (19/2/2018).

Ia mengatakan bukan tidak mungkin pengawas atau penyelenggara pemilu menjadi pemicu terjadinya konflik. Sebab sambung dia, akan muncul reaksi dari simpatisan calon tertentu yang merasa dirugikan.

"Jangan sampai ada yang memicu praktik di lapangan, misalnya pengawas berat sebelah," tutur dia.

Ia mencontohkan adanya surat suara yang dicoblos di antara dua calon. Menurutnya pengawas harus lebih cermat melihat situasi tersebut sebelum mengambil keputusan terkait status surat suara tersebut.

"Kalau memang kondisinya seperti itu lebih baik dianggap tidak sah. Bukan melihat lubangnya lebih dominan kepada calon tertentu. Ini yang harus dipersiapkan dengan baik nantinya," tutur TB.

"Kalau sudah dipersiapkan dengan baik, saya yakin Pilkada akan aman. Terlepas gangguan keamanan lainnya yang bisa terjadi nantinya," ujarnya menambahkan.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed