DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 18:34 WIB

Mantan Bupati Garut Dede Satibi Meninggal Dunia

Hakim Ghani - detikNews
Mantan Bupati Garut Dede Satibi Meninggal Dunia Mantan Bupati Garut, Dede Satibi/Foto: istimewa
Garut - Kabar duka datang dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Mantan pemimpinnya, Dede Satibi meninggal dunia. Dede meninggal di usianya yang ke 74.

Dede meninggal pada Sabtu (17/2/18) dini hari tadi, sekitar pukul 00.40 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

"Diagnosa dokter ada penyumbatan di paru-parunya sehingga sulit bernapas. Kadar garam juga turun," ungkap Dikdik Hendrajaya, mantan ajudan Dede semasa menjabat bupati Garut, kepada detikcom melalui pesan singkat, Sabtu (17/2/18).
Mantan Bupati Garut Dede Satibi Meninggal DuniaFoto: istimewa

Sebelum menghembuskan napas terakhir, sambung Dikdik, almarhum terlebih dahulu menjalani perawatan intensif selama 10 hari terakhir. Namun kondisinya makin memburuk dan kemudian meninggal.

"Almarhum meninggalkan empat orang anak. 1 putra dan 3 putrinya," ujar Dikdik.

Kabar meninggalnya bupati Garut yang ke-22 ini mengejutkan berbagai pihak, termasuk para wartawan yang bertugas saat zaman kepemimpinan Dede. Dede dikenal sebagai pemimpin yang sederhana.

"Sosok yang baik dan bersahaja. Dalam menjalankan pemerintahan, dia selalu turun langsung ke lapangan. Banyak yang perlu dicontoh oleh pemimpin-pemimpin sekarang dari sosok Dede Satibi," ungkap Sony MS, salah seorang wartawan senior Garut, di rumah duka, Jalan Terusan Pembangunan, Tarogong Kidul, Garut, hari ini.

Dede Satibi sendiri diketahui merupakan bupati Kabupaten Garut yang menjabat periode 1999-2004. Segudang prestasi dan perkembangan pembangunan ditorehkan selama ia menjabat. Salah satu yang terkenal adalah Sarana Olaharaga (SOR) Merdeka Kerkhof yang masih eksis hingga saat ini.

Almarhum saat ini telah dimakamkan di pemakaman keluarga di kampung halamannya yang terletak di kawasan Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut. Ratusan keluarga dan kerabat mengantar langsung Dede ke tempat peristirahatan terakhirnya.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed