detikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 11:50 WIB

Serunya Aksi Barongsai di Kebun Binatang Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Serunya Aksi Barongsai di Kebun Binatang Bandung suasana imlek di Kebun Binatang Bandung/Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Kemeriahan perayaan Imlek tidak hanya dirasakan di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Kemeriahan juga terasa di Kebun Binatang Bandung, yang menggelar parade satwa dan barongsai, Sabtu (17/2/2018).

Berbagai satwa yang menjadi koleksi Kebun Binatang Bandung seperti burung, ular, binturung dan satwa lainnya menjadi bagian dari parade. Selain itu ada juga ratusan anak-anak yang mengenakan pakaian ada dari sejumlah daerah Indonesia dan beberapa pakaian adat dari negara lain turut meramaikan parade yang dibalut dalam tema 'Persahabatan Selamanya'.
Serunya Aksi Barongsai di Kebun Binatang BandungFoto: Mochamad Solehudin

Arak-arakan ini menjadi daya tarik bagi pengunjung Kebun Binatang Bandung. Selain untuk memeriahkan perayaan Imlek, parade ini juga sekaligus menjadi upaya dari Kebun Binatang Bandung untuk mengenakan keberagaman budaya kepada masyarakat.

Arak-arakan atau parade ini digelar di dalam area Kebun Binatang Bandung. Dimulai dari depan kantor, kemudian bergerak menuju jalur kandang hewan binturung, kandang harimau sumatera, beruang, kuda zebra, orang utan dan berakhir di tugu Emma Bratakusuma sebagai pendiri Kebun Binatang Bandung.

Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii menuturkan, parade ini sengaja digelar untuk memeriahkan perayaan Imlek di Kota Bandung. Ada banyak makna yang terkandung dalam Imlek ini.

Salah satunya, menurut dia adalah memberi kedamaian untuk semua orang. "Menyambut Imlek ini kita bikin acara 'Persahabatan Selamanya'. Jadi imlek itu memberikan kedamaian kepada semua orang termasuk isinya, alam, satwa makanya kita bikin parade, ada barongsai, ada anak-anak berpakaian adat terus ada satwa juga. Jadi kita campur dalam balutan parade," kata Sulhan saat ditemui di lokasi.

Selain itu, dia menambahkan, melalui acara ini pihaknya juga ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas. Di tengah perbedaan yang ada, pihaknya ingin mengajak warga masyarakat untuk tetap bersatu. Apalagi tahun ini merupakan tahun politik.

"Tujuannya sendiri ingin memperlihatkan ke masyarakat luas, kita cinta damai. Itu kan beda-beda pakaiannya, satwanya. Jadi ingin memperlihatkan ke masyarakat Bandung dan luas di tahun politik ini mari bareng-bareng. Mari ciptakan kedamaian," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Kebun Binatang, Lingga (29) mengaku sengaja datang ke Kebun Binatang Bandung untuk mengisi libur Imlek. Dia datang bersama keluarganya.

Dia juga menyambut baik parade satwa dan barongsai yang digelar Kebun Binatang Bandung. "Bagus ya, jadi tambah seru. Kebetulan sama anak-anak juga datang ke sini jadi bisa mengenalkan satwa dan budaya dengan adanya acara ini ke anak-anak," tandasnya.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed