DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 17:56 WIB

Adegan Simulasi Pengamanan Pilkada: Massa Ricuh

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Adegan Simulasi Pengamanan Pilkada: Massa Ricuh Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Proses Pilkada Serentak di Jawa Barat berlangsung ricuh. Sejumlah massa bertindak anarkis memprotes hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU.

Massa pendukung dari pasangan calon (paslon) terpancing oleh provokasi yang dilakukan orang tak bertanggung jawab. Massa merangsek masuk ke gedung KPU. Petugas kepolisian yang berjaga berusaha meredam massa. Proses negosiasi sempat dilakukan.

Namun massa justru bertambah. Gelombang massa tak dapat dibendung beberapa petugas yang berjaga di kantor KPU. Petugas terkepung massa yang berjumlah banyak.
Adegan Simulasi Pengamanan Pilkada: Massa RicuhFoto: Dony Indra Ramadhan

Hingga akhirnya, personel Sabhara Polda Jabar bergerak turun. Personel membuat barikade menggunakan tameng. Namun massa terus merangsek melawan barikade polisi.

Bahkan massa melempar benda-benda ke arah personel kepolisian. Selang beberapa menit, mobil barikade turun. Tameng raksasa mobil itu pun digunakan untuk menahan pengunjuk rasa.

Massa tetap tak mau mundur. Bahkan massa terus melempari barikade polisi dengan sejumlah benda. Hingga akhirnya, semburan air dari mobil water canon dikeluarkan. Massa sempat mundur namun tetap berusaha melawan personel.

Polisi tetap berusaha membubarkan massa. Secara perlahan personel beserta mobil barikade maju membubarkan massa. Hingga akhirnya, massa dapat dibubarkan gabungan personel Polri dan TNI.

Aksi tersebut bukanlah yang sebenarnya. Hal itu merupakan simulasi penanganan unjuk rasa Pilkada serentak yang digelar di Lapangan Brigif Cimahi, Kota Cimahi, Jabar, Rabu (15/2/2018). Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) tersebut dihadiri pejabat Polri Irwasum Mabes Polri Komjen Putut Eko Bayusono, AsOps Kapolri Irjen M Iriawan, Kabaharkam Irjen Moechgiarto, Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto serta sejumlah pejabat utama Polda Jabar dan jajaran Kapolres di Jabar.

Sejumlah adegan dari mulai tahapan kampanye, pencoblosan hingga penghitungan suara dan penetapan kepala daerah diperagakan oleh pemeran dari TNI dan Polri.

"Kalian melaksanakan latihan begitu hebat. Saya bangga karena sinergitas antara TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat terlihat nyata di sore ini. Sangat tepat pada saat ini kita melaksanakan latihan Sispamkota," kata Putut dalam sambutannya.

Putut mengaku senang dengan simulasi ini. Hal ini menunjukan bahwa Polda Jabar telah siap melakukan pengamanan Pilkada serentak di Jabar.

"Saya melihat Polda Jabar sudah siap melaksanakan pilkada. Akan saya laporkan ke Kapolri soal kesiapan Polda Jabar beserta mitra kerjanya," kata dia.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed