DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 11:48 WIB

Gubernur Aher Ajak Warga Jabar Ciptakan Pilkada Damai dan Aman

Mukhlis Dinillah - detikNews
Gubernur Aher Ajak Warga Jabar Ciptakan Pilkada Damai dan Aman Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan punya keyakinan kuat Pilkada tahun ini berlangsung damai. Menurutnya masyarakat Jabar sudah berpengalaman menciptakan pesta demokrasi yang aman.

Komitmen Pilkada damai ini juga digaungkan para calon Pilgub Jabar 2018 usai mengikuti pengundian nomor urut di Sor Arcamanik, Kota Bandung tadi malam. Semua pihak juga harus terlibat dalam komitmen bersama ini.

"Tadi malam sudah (deklarasi), komitmen ini penting. Mereka berkompetisi dengan damai, para penyelenggara harus seperti itu," kata Aher kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya masyarakat Jabar sudah berpengalaman mengikuti Pilkada damai. Misalnya Pilkada di 17 kabupaten kota tahun 2008 dan 2013 yang berlangsung kondusif. Ia optimis tahun ini juga bisa berjalan baik.

"Pengalaman damai bukan komitmen sekarang. Waktu dulu juga damai dan aman. Optimis sekarang (damai)," tutur dia.

Disinggung terkait isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) yang berkembang belakangan ini, Aher tidak khawatir. Ia juga meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap informasi yang beredar.

"Dahulukan cek dan ricek terhadap informasi yang diterima, di medsos terutama. Kalau tidak yakin lebih baik diam, tidak perlu ikut menyebarkan. Kalau ini dilakukan, saya yakin tidak ada masalah apapun," kata Aher.


(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed