Antisipasi Kecelakaan, Polisi Periksa Bus Pariwisata di Garut

Antisipasi Kecelakaan, Polisi Periksa Bus Pariwisata di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 11 Feb 2018 16:43 WIB
Polisi memeriksa kelaikan bus pariwisata di kawasan Bundaran STM, Tarkal, Kabupaten Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Polisi memeriksa kelaikan bus pariwisata di kawasan Bundaran STM, Tarkal, Kabupaten Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Polisi memeriksa sejumlah bus pariwisata yang masuk ke Kabupaten Garut. Hal itu sebagai langkah antisipasi kecelakaan seperti yang terjadi di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang.

"Mobil pariwisata maupun angkutan penumpang lain kita periksa kelaikannya. Kita antisipasi hal yang tidak diinginkan," ucap Kasat Lantas Polres Garut AKP Erik Bangun di kawasan Bundaran STM, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (11/2/2018).

Polisi memeriksa kendaraan pariwisata di sejumlah titik, yaitu di wilayah gerbang masuk ke Kabupaten Garut dan di sejumlah kawasan wisata. Erik mengatakan pihaknya memeriksa kesiapan dan kelengkapan armada angkutan pariwisata.

Selain kendaraan, sopir juga turut diperiksa. Menurut Erik, kelalaian dan pelanggaran aturan lalu lintas kerap kali menyebabkan kecelakaan yang menimbulkan banyak korban jiwa.

"Mulai dari KIR-nya, kondisi rem dan kesiapan sopir. Termasuk untuk SIM. Jika SIM sopir biasa, bukan umum, akan kami tindak. Artinya sopir tersebut tidak punya kompetensi," katanya.

Dalam pemeriksaan tersebut, puluhan kendaraan pariwisata diperiksa. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah pelanggaran. "Ada yang KIR-nya mati dan ada juga yang di luar trayek dan tidak dilengkapi dengan surat-surat. Kami langsung koordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Garut)," ujar Erik.

Pemeriksaan kendaraan pariwisata melintas Garut ini buntut dari kecelakaan yang terjadi di kawasan Tanjakan Emen, Subang, Sabtu (10/2/2018). Insiden tersebut menewaskan 27 orang.

Di Kabupaten Garut, terdapat sejumlah jalur rawan kecelakaan yang kerap dilintasi kendaraan yang berasal dari luar kota. Diantaranya adalah Jalan Tutugan Leles, Kecamatan Leles dan sepanjang jalur menuju kawasan wisata pantai selatan Garut yang dikenal curam. Polisi mengimbau wisatawan agar waspada. (bbn/bbn)