Persis Minta Anggotanya Tenang Soal Penodongan Remaja Masjid

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 05 Feb 2018 13:24 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo (kiri) meminta keterangan pelaku penodonngan (kemeja lengan panjang). (Foto: Dok.Polrestabes Bandung)
Bandung - M Lukman Rikmansyah (24) nekat menodongkan pisau ke arah remaja masjid. Diketahui masjid yang jadi lokasi penodongan merupakan masjid Persatuan Islam (Persis).

"Iya," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo kepada detikcom saat ditanya soal masjid Persis, Senin (5/2/2018).

Insiden penodongan dilakukan Lukman di Masjid At Tawakal, Jalan Karasak Lama, Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung pada Minggu (5/2/2018). Lukman yang sedang tertidur di lantai tiga masjid, tiba-tiba turun ke lantai dua dan langsung menodongkan pisau kepada para remaja yang sedang berdiskusi.


Menanggapi hal tersebut, PP Persis meminta agar anggotanya untuk lebih waspada. Sebab, kejadian ini merupakan kedua kalinya yang dialami Persis setelah akhir pekan lalu Komandan Brigade Persis tewas di tangan tetangganya.

"Kembali meningkatkan kawaspadaan dan melaporkan setiap tindak tanduk yang mencurigakan kepada aparat kepolisian untuk diproses secara hukum dan tidak main hakim sendiri," kata Sekretaris PP Persis Haris Moslem kepada detikcom.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar anggota Persis dan masyarakat untuk tetap tenang. Ia meminta agar tidak tidak terpancing hal apapun.

"Tetap tenang dan tidak terpancing oleh kemungkinan upaya dari pihak-pihak yang ingin memperkeruh suasana dan membuat situasi seolah tidak aman," katanya.

Ia mengimbau bagi para jemaah untuk tidak takut melaksanakan ibadah. Terutama para ulama dan ustaz yang kerap menjalankan dakwah.

"Melakukan aktivitas dakwah dan pendidikan seperti biasa tanpa rasa takut. Demikian juga dengan aktifitas Ibadah terutama lebih menggiatkan salat berjamaah di masjid-masjid," ujar Haris. (bbn/bbn)