DetikNews
Jumat 02 Februari 2018, 17:55 WIB

Warga Janji Tetap Terima Keluarga yang Simpan Kerangka Ayah-Anak

Tri Ispranoto - detikNews
Warga Janji Tetap Terima Keluarga yang Simpan Kerangka Ayah-Anak Warga berkerumun di depan rumah Neneng/Foto: Tri Ispranoto/ detikcom
Cimahi - Terkuaknya penyimpanan dua jenazah selama dua tahun hingga menjadi tengkorak membuat geger, terutama warga Kompleks Cijerah, Kota Cimahi. Mereka tak menyangka Neneng Hatidjah (76) menyimpan jasad suami dan anaknya bertahun-tahun. Meski begitu, warga masih mau menerima keluarga itu apabila kembali ke lingkungan mereka.

Ketua RT 7 Timbul mengatakan warga sekitar rumah keluarga tersebut tidak keberatan jika nantinya mereka akan kembali ke rumah. Bahkan warga siap membantu perekonomian keluarga tersebut untuk ke depannya.

"Kita tahu mungkin keluarganya selama ini ekonomi kurang. Makanya kita mengajak semua kalau ada makanan atau baju bekas, silakan bantu," ujar Timbul, Jumat (2/2/2018).

"Insya Allah kan mereka tinggal di sini, silakan kembali lagi ke sini," lanjut Timbul.

Senada dengan Timbul, Ketua RW 17 Rino Margayu memastikan tidak akan ada penolakan dari warga apabila keluarga tersebut akan kembali.

"Tugas kita itu merangkul semuanya. Kita yakini semua orang pernah berbuat khilaf," ucapnya.

Meski begitu Rino berharap setelah kembali ke rumah, keluarga tersebut tidak lagi tertutup seperti sebelumnya. "Kita inginkan mereka terbuka juga. Jadi kalau ada apa-apa warga bisa gotong royong membantu," ujarnya.

Neneng bersama dua anaknya yang masih hidup Erna Hendrawati (48) dan Denny Rohmat (42), selama dua tahun tinggal bersama mayat. Kepada polisi, Neneng mengaku mendapat wahyu apabila suaminya Hanung Sobana (84) dan anaknya Hera Sri Herawati (50) akan hidup kembali.

Kini Neneng dirawat di RSUD Cibabat, sementara dua anaknya Erna Hendrawati dan Denny Rohmat dititipkan di RSJ Cisarua. Ketiganya selain mendapat perawatan normal juga akan dilakukan tes kejiwaan.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed