ITB Siapkan 10 Teleskop di Sabuga Saat Super Blue Blood Moon

Mochamad Solehudin - detikNews
Rabu, 31 Jan 2018 11:49 WIB
Foto: Dok
Bandung - Warga Kota Bandung bisa memantau fenomena gerhana bulan total atau super blue blood moon di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Sepuluh teleskop disiapkan bagi warga yang ingin menyaksikan fenomena alam langka tersebut.

Pemantauan fenomena alam yang terjadi selama 152 tahun sekali ini digelar oleh Planet Sabuga dalam acara 'Observasi Gerhana Bulan Total Bersama Dr.Moedji Raharto', di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (31/1/2018).

Berbagai kegiatan digelar dalam acara tersebut. Selain bisa menyaksikan super blue blood moon, masyarakat juga bisa ikut dalam acara pemutaran film edukasi gerhana, demon sains 'Science Specta oleh planet sains, diskusi mengenai gerhana dan pengamatan gerhana menggunakan teleskop.

Yuli Andelina, selaku pihak panitia menjelaskan, acara ini digelar untuk memfasilitasi masyarakat ingin menyaksikan fenomena alam langka ini. Sebanyak sepuluh teleskop disiapkan bagi warga yang ingin menyaksikan.

Namun, kata Yuli, jumlah masyarakat yang ingin menyaksikan super blue blood moon dibatasi dan harus melakukan registrasi untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pengunjung. Saat ini sudah ada sebanyak 600 peserta yang sudah mendaftar dan pendaftaran sudah ditutup.

"Kebanyakan yang daftar itu pelajar, mahasiswa dan pihak lainnya," kata Yuli, saat dihubungi, Rabu (31/1/2018).

Gerhana bulan total kali ini sangat istimewa karena ada tiga fenomena pada waktu yang sama, yakni blood moon, super moon dan blue moon. Tiga fenomena ini terakhir terjadi bersamaan pada tanggal 31 Maret 1866 atau 152 tahun lalu.

Sehingga menurutnya, fenomena alam ini merupakan kejadian langka yang sayang untuk dilewatkan. "Nanti kegiatannya ini akan dimulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB," ujarnya.

Berikut rincian waktu gerhana bulan total 31 Januari 2018
Awal gerhana bulan penumbra : 17.51 WIB
Awal gerhana bulan sebagian : 18.48 WIB
Awal gerhana bulan total : 19.52 WIB
Puncak Gerhana : 20.30 WIB
Akhir gerhana bulan total : 21.08 WIB
Akhir gerhana bulan sebagian :22.11 WIB
Akhir gerhana bulan penumbra :23.08 WIB (ern/ern)