DetikNews
Selasa 30 Januari 2018, 21:03 WIB

Jasa Marga Relokasi GT Pasteur ke Simpang Susun Baros

Mukhlis Dinillah - detikNews
Jasa Marga Relokasi GT Pasteur ke Simpang Susun Baros GT Pasteur 1 (Foto: Muklis Dinillah/detikcom)
Bandung - Jasa Marga Cabang Purbaleunyi merelokasi GT Pasteur Bandung eksisting ke Simpang Susun Baros Cimahi. Relokasi tersebut cukup signifikan mengurangi antrean kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta.

Relokasi tersebut mulai diberlakukan hari Selasa (30/1/2018) pukul 00.00 WIB. Gerbang tol tersebut dimajukan sejauh 3,75 KM dari lokasi semula. Gerbang baru tol ini diberi nama GT Pasteur 1.

"Jadi progres sejak mulai dibuka tadi malam hingga saat ini, lalu lintas relatif lancar, antrean hanya lima hingga tujuh kendaraan di GT (entrance) Pasteur 1," kata Deputi General Manager TMC Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Endang Sabarun kepada detikcom.

Ia menuturkan setiap harinya kendaraan dari Bandung menuju Jakarta yang melalui GT Pasteur mencapai 32 ribu kendaraan. Dari jumlah tersebut, sambung Endang, 30 persennya menuju GT Baros Cimahi.

Lebih lanjut dia menjelaskan dengan adanya relokasi tersebut, beban kendaraan yang masuk melalui GT Pasteur saat ini hanya 70 persen dari 32 ribu kendaraan. Sehingga, sambung dia, berdampak terhadap antrean kendaraan.

"Dulu kan baik yang mau ke Jakarta, Cileunyi, Padalarang semuanya bersamaan, sekarang kan terbagi dua jadinya. Apalagi dulu untuk entrance hanya 5 gardu, sekarang jadi 7 gardu," tutur Endang.

Menurut dia, relokasi GT Pasteur ini juga berdampak terhadap kemacetan yang terjadi di perempatan Pasteur. Sebab, Endang melanjutkan, relokasi ke Simpang Susun Baros memperlebar jarak dengan perempatan Pasteur.

"(Macet) karena jarak yang terlalu pendek, kami (Jasa Marga Cabang Purbaleunyi) menggeser GT Pasteur dari yang semula di Km 1+000, kini menjadi Km 4+750 arah Simpang Susun Baros," katanya.

"Tapi bagi pengguna jalan tol yang menuju Bandung tetap masuk melalui GT Pasteur yang semula," ucap Endang menambahkan.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed