Viral Video Pengasuh Diduga Aniaya Bayi di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 28 Jan 2018 18:34 WIB
Pengasuh diduga aniaya bayi. (Foto: tangkapan layar Instagram)
Garut - Video seorang bayi seperti dipukul dan dicekik pengasuh sekaligus pembantu rumah tangga (PRT) viral di media sosial (medsos). Aksi dugaan penganiayaan bayi oleh pengasuh tersebut terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Seperti dilihat detikcom, Minggu (28/1/18) siang, di salah satu akun Instagram @lambe_julid yang mengunggah video tersebut, seorang perempuan nampak tengah memberi makan bayi di halaman rumah.

Dalam video berdurasi 57 detik tersebut, terlihat telapak tangannya si pengasuh seperti gerakan memukul kepala bayi. Selain itu, pengasuh sempat membalikkan badan bayi ke bawah sambil memegangi kepalanya. Setelah itu, si PRT kembali masuk ke rumah sambil menggendong bayi itu dengan sebelah tangannya.

"PERLAKUAN kekerasan pada anak asuh yang dilakukan pengasuhnya..Kabar terakhir dr kasus ini, Kejadian ini di Garut," ungkap pemilik akun @lambe_julid dalam kolom caption.

Sejak diunggah tiga hari lalu di akun @lambe_julid, video bayi mengalami kekerasan itu telah ditonton lebih dari 41.270 kali. Selain beredar di Instagram, video tersebut juga ramai diperbincangkan di grup WhatsApp.

Berdasarkan penelusuran detikcom, video tersebut memang terjadi di Garut. "Betul, kejadiannya di sini (rumah orang tua bayi)," ungkap Sucipto Hardiwinoto (73), kakek sang bayi, di salah satu perumahan di kawasan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (28/1/18).

Persoalan itu sempat ditangani polisi. Polisi menjelaskan video tersebut berlangsung pada Jumat (19/1). Namun belakangan diketahui bahwa pihak keluarga sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan.

"PRT sudah dibalikkan ke kampungnya. Anaknya tidak ada tanda-tanda kekerasan," kata Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada detikcom melalui pesan singkat. (bbn/bbn)