Pangdam Siliwangi Minta Tidak Ada Orang Mancing di Situ Cisanti

Mukhlis Dinillah - detikNews
Minggu, 28 Jan 2018 16:25 WIB
Situ Cisanti (Foto: Muklis Dinillah/detikcom)
Kabupaten Bandung - Pangdam III Siliwangi Mayjen Doni Monardo melihat langsung kondisi terkini Situ Cisanti. Tempat tersebut merupakan hulu Sungai Citarum. Ia meminta kepada pengelola kilometer 0 sungai Citarum tersebut untuk tidak memperbolehkan adanya aktivitas memancing.

Mengenakan seragam TNI dan jaket hitam, Doni mendatangi Situ Cisanti yang berada di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu (28/1/2018). Ia berinteraksi dengan perwakilan Badan Pengolahan DAS Citarum.

"Berapa debit air di sini (Cisanti)? eceng gondok sama ganggang masih banyak enggak?," tanya Doni kepada perwakilan BP DAS Citarum di sela-sela kunjungannya.


Wakil Komandan Satgas Penataan Ekosistem Citarum tersebut juga menanyakan terkait keberadaan pemancing. Sebab, sambung Doni, pemancing di hulu sungai Citarum terkadang turut mencemari dan merusak ekosistem yang ada.

"Saya minta diawasi, jangan ada yang mancing di sini. Soalnya ada yang buang sampah dan merusak tanaman di sekitar sini," ucap Doni menegaskan.

Ia juga memerintahkan anak buahnya dari Kodim 0609 untuk membantu pembenahan sungai Citarum. Tidak hanya pembersihan sampah, tetapi juga dari segi pengawasan terhadap oknmu pembuang limbah.


Selain melihat kondisi Situ Cisanti, eks Pangdam XVI/Pattimura juga melihat secara langsung mata air Citarum. Lokasi mata air yang juga petilasan Prabu Siliwangi dan Dipatiukur tersebut dijaga oleh seorang juru pemelihara atau kuncen.

"Ini lokasi mata air sungai Citarum yang terdiri dari tujuh mata air. Kalian bisa mencari tau lebih lanjut soal mata air ini kepada kuncen" tutur Doni. (bbn/bbn)