300 Kepala Keluarga di Hulu Citarum Direlokasi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 26 Jan 2018 13:24 WIB
Citarum saat ini/Foto: Dok.Kodam III Siliwangi
Bandung - Sekitar 300 kepala keluarga yang tinggal di kawasan hulu sungai Citarum akan direlokasi. Pemerintah menyiapkan 360 unit rumah baru bagi warga yang selama ini tinggal di danau Cisanti.

"Memang akan ada relokasi sekitar 300 kepala keluarga yang tinggal di danau Cisanti. Sudah mulai sosialisasi untuk relokasi ini," ucap Kapendam Siliwangi Kolonel M Desi Ariyanto di Makodam Siliwangi, Jalan Aceh, Bandung, Jumat (26/1/2018).

Desi mengungkapkan upaya relokasi ini dilakukan guna memuluskan langkah pemerintah dalam penanganan sungai Citarum. Terlebih, Kodam Siliwangi memfokuskan penanganan awal di hulu sungai Citarum.

"Mereka itu bangun rumah di tempat yang sebetulnya konservasi, jadi itu mengganggu kawasan hulu. Harusnya air hujan bisa diserap pohon, karena adanya itu (rumah warga) tidak terserap," tuturnya.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga terkait rencana relokasi ini. Bahkan, ia mengklaim warga sepakat untuk pindah.

Sebagai gantinya, sambung Desi, pemerintah pusat membangun sekitar 360 rumah bagi warga yang tak jauh dari tempat tinggal terdahulunya. Dalam waktu tiga bulan, ditargetkan seluruh rumah bagi warga dapat dibangun.

"Bisa dibilang rumah untuk warga yang baru lebih layak dari sebelumnya. Jadi bentuknya perumahan khusus," tuturnya.

Selain merelokasi tempat tinggal warga, Kodam Siliwangi juga mengajak warga sekitar untuk berganti profesi. Warga yang sebelumnya berprofesi sebagai petani sayuran, kini diajak bergabung dengan prajurit TNI membantu revitalisasi kawasan hulu Citarum.

"Sudah berangsur-angsur beralih. Mereka sudah mulai bergabung dengan prajurit Siliwangi," kata dia. (avi/avi)