DetikNews
Minggu 21 Januari 2018, 10:13 WIB

Tak Punya BPJS, Keluarga Bocah Disabilitas Ini Ingin Rutin Berobat

Syahdan Alamsyah - detikNews
Tak Punya BPJS, Keluarga Bocah Disabilitas Ini Ingin Rutin Berobat Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Keluarga Ridwan, bocah penyandang disabilitas mengaku tidak memiliki biaya untuk berobat. Bocah berusia 13 tahun yang dibantu untuk mendapatkan kursi roda oleh seorang anggota Bhabinkantibmas Polsek Cisaat, Resor Sukabumi Kota itu memang berasal dari keluarga tidak mampu.

"Saya hanya ingin anak saya normal bermain seperti anak-anak seusianya, meskipun saat ini kondisi dia hanya bisa tiduran di kamar saya sebagai ibunya masih merasa dia pasti bisa sembuh," kata Idah (47), ibunda Ridwan di kediamannya, Kampung Cimenteng, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Sukabumi, Jabar, Sabtu (20/1/2018).

Idah mengaku tidak mengurus BPJS karena tidak mampu membayar iuran bulanannya, karena Usman (50) sang suami bekerja serabutan dan sesekali diminta menjadi sopir.

"Kalau ada rezeki sehari Rp 30 ribu hanya cukup buat makan dan biaya Ridwan. Sekarang Ridwan enggak pernah berobat lagi, paling hanya diurut sesekali karna suami saya lagi sepi yang nyuruh," lanjut Idah.

Baca juga: Kisah Persahabatan Bripka Anang dan Bocah Disabilitas di Sukabumi

Idah mengaku mendapat secercah semangat dari ahli pijat tulang. Ahli pijat itu mengungkapkan anaknya masih bisa berjalan normal apabila diberi pemijatan rutin.

"Kalau ada rezeki saya inginnya anak ini dirontgen dulu di rumah sakit, posisi kakinya kan saat ini menyilang dan susah diluruskan. Kaki kirinya menyilang ke kaki kanan, kalau saya lurus-lurusin dia seperti kesakitan," tuturnya lagi.

Seperti diberitakan, mimpi keluarga untuk memiliki kursi roda diwujudkan Bripka Anang Utoyo anggota Bhabinkantibmas Polsek Cisaat. Anang menyurati Kementerian Sosial (Kemensos) mewujudkan mimpi Ridwan untuk bisa memiliki kursi roda. Kisah ini bermula saat Anang ditugaskan di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada September 2016 lalu.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed