DetikNews
Minggu 21 Januari 2018, 10:04 WIB

Melongok Kampung Persib di Sumedang

Wisma Putra - detikNews
Melongok Kampung Persib di Sumedang Foto: Wisma Putra
Sumedang - Sebuah kampung yang berada di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat disulap menjadi Kampung Persib. Klub sepakbola kebanggaan warga Jabar itu menjadi tema kampung ini.

Puluhan rumah yang berada di Kampung Cibungur, Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang dicat berwarna biru, khas Persib.

Hampir di setiap tembok dan sudut kosong di setiap rumah, dilukis dengan gambar pemain Persib dan quotes, gravity dalam bentuk tipografi bertulis tentang Persib.

Ketika memasuki kampung ini, Anda akan disambut oleh banner bertuliskan ucapan selamat datang yang dibentangkan di sebuah tembok milik warga 'Wilujeng Sumping di Kampung Persib'.

Melongok Kampung Persib di SumedangFoto: Wisma Putra

Saat menyusuri gang yang ada di kampung itu, Anda juga akan melihat gambar wajah seorang pentolan Viking Persib Kang Ayi Beutik yang sudah meninggal dunia. Jasanya terhadap Persib sebagai seorang bobotoh yang loyal dikenang di sebuah tembok 2×3 meter.

Wajahnya dilukis dengan cara siluet art bercat putih, di pinggirnya dituliskan 'Rest in Pride' dan di bawah lukisan wajahnya dituliskan nama sang panglima Persib itu, 'Beutik' menggunakan cat merah dan hitam.

Melongok Kampung Persib di SumedangFoto: Wisma Putra


Kampung Persib ini digagas oleh Pendukung Persib Viking Inhern asal Jatinangor, Sumedang.

"Kampung Persib ini digagas dan dilukis oleh Viking Inhern Jatinangor pada pertengahan Tahun 2017, sekitar Bulan April," kata Ketua Viking Inhern Jatinangor Yudi Eger kepada detikcom.

Ia mengungkapkan, sejak dicat bertemakan biru khas Persib, kampung ini menjadi dikenal dengan sebutan Kampung Persib. "Motivasi kami membuat Kampung Persib ini sebagai bentuk kecintaan terhadap Persib. Karena mayoritas warga di sini menyukai Persib," ungkapnya.

Menurutnya sejak didirikannya Viking Inhern Jatinangor tahun 2010 lalu, jumlah keanggotaan sekitar 500 orang dan notabene merupakan warga sekitar yang cinta terhadap Persib Bandung.

"Kampung Persib ini dibangun kebanyakan menggunakan dana pribadi," ujarnya.

Melongok Kampung Persib di SumedangFoto: Wisma Putra


Salah satu warga, Jajang (34) mengaku senang karena kampungnya memiliki sebutan Kampung Persib. "Senanglah banyak dikenal orang, pernah juga dikunjungi para pemain Persib dan manajemen," ujarnya.

Jika Anda ingin berkunjung ke kampung ini letaknya tidak jauh dari Jalan Raya Bandung-Garut, hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Pabrik Kahatex, Sumedang.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed