DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 15:30 WIB

Cek Bungker Karamat, Tim Speleologi Bawa Sampel Tanah dan Batu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cek Bungker Karamat, Tim Speleologi Bawa Sampel Tanah dan Batu Pengecang lubang mirip bungker di Kampung Karamat Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Tim Speleologi dan Caving Spelcabumi turun tangan mengecek temuan lubang mirip bungker di Kampung Karamat Sukabumi. Mereka membawa sejumlah sampel tanah dan batu bata dari dalam lubang tersebut.

Baca juga: Tim Speleologi Cek Temuan Bungker Karamat Sukabumi

Selain itu, sejumlah endapan juga diambil tim tersebut. Lumpur berwarna kehitaman itu diduga merupakan cairan yang keluar saat dua warga, Fajar Wibawa dan Deden Maulana, menggali tanah untuk membuat septic tank di Kampung Karamat, RT 2 RW 3 Kopeng, Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (16/1).

"Memang ada bentuk bangunan di bawah lokasi yang sempat digali oleh warga, beberapa sampel kita bawa sekaligus cek kandungannya. Makanya hari ini ada juga pihak dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH) yang akan melakukan pemeriksaan kandungannya," kata Ferry Saputra, pembina sekaligus pendiri Spelcabumi, kepada detikcom di lokasi, Rabu (17/1/2018).
Cek Bungker Karamat, Tim Speleologi Bawa Sampel Tanah dan BatuPetugas mengambil sampel berupa tanah dan batu bata. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Menurut Ferry, Spelcabumi merupakan surveyor yang bertugas dalam naungan Bidang Litbang Bappeda Kota Sukabumi. Berdasarkan temuan masyarakat, ia dan tim langsung meneliti ke lokasi.

"Kita baru melakukan pengecekan-pengecekan," ucap Ferry.

Baca juga: Temukan Peti, Penggali Bungker Karamat Sukabumi Alami Keanehan
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed