Hari Sejuta Pohon Sedunia

Warga Garut Sulap Celana Bekas Jadi Pot Unik

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 10 Jan 2018 10:22 WIB
Warga Garut memanfaatkan celana bekas menjadi pot. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Celana robek dan rusak biasanya dibuang karena sudah tak laik pakai. Namun, di Kabupaten Garut, Jawa Barat, celana-celana bekas ternyata dapat berguna. Sejumlah warga menyulapnya menjadi pot unik.

Pot-pot bunga terbuat dari celana bekas ini bisa ditemui di kawasan objek wisata Kampoeng My Darling, Kampoeng Amsterdam dan Kampoeng Jokowi yang terletak di kawasan perkebunan teh Dayeuhmanggung, Kecamatan Cilawu.

Di tempat ini, warga merubah fungsi celana yang tak terpakai menjadi tempat tumbuhnya berbagai macam tanaman. Pot bunga dari celana bekas itu hampir terlihat di setiap rumah warga yang ada di kawasan ini.

Celana yang dijadikan tempat menanam tumbuhan tersebut merupakan bekas celana panjang yang kebanyakan berbahan jeans.

"Cara pembuatannya sangat sederhana, cukup celana bekas itu diisi tanah hingga penuh dan padat. Setelah itu ditaburi pupuk dan bibit tanaman," ungkap Ade Ahmad (38), warga setempat, kepada detikcom, Selasa (9/1/2018) kemarin.

Pot bunga dari celana itu disimpan di pekarangan rumah warga. "Warga di sini mencoba memanfaatkan limbah-limbah rumah untuk dijadikan hiasan mempercantik hunian," kata Ade.

Warga di kawasan ini mengusung azas manfaat. Artinya, warga semaksimal mungkin mengolah serta menjadikan sampah sebagai barang berguna ketimbang dibuang dan berpotensi mengotori lingkungan.
Warga Garut Sulap Celana Bekas Jadi Pot UnikCelana bekas ini dapat digunakan menjadi pot bunga. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Selain biasa membuat pot dari celana, warga juga membuat pot dari bahan bekas lainnya seperti sepatu dan ban bekas hingga tempurung kelapa tua.

Untuk mempercantik pot bunga dari berbagai barang bekas itu, warga mengecat pot dengan berbagai warna yang mencolok. Warga menanami pot-pot tersebut dengan berbagai tumbuhan dan pepohonan. Mulai dari bunga berwarna-warni, hingga tanaman obat.

"Hasilnya bisa dimanfaatkan oleh warga," ucap Ade.

Kampoeng My Darling, Kampoeng Amsterdam dan Kampoeng Jokowi sendiri saat ini terkenal sebagai salah satu kawasan objek wisata yang tengah hits di Garut.

Objek wisata tersebut tadinya merupakan pemukiman para karyawan perkebunan yang diubah menjadi kawasan wisata alam yang indah. Lokasi ini terletak di kaki Gunung Cikuray, Kecamatan Cilawu. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat perkotaan Garut. (bbn/bbn)