DetikNews
Selasa 09 Januari 2018, 14:26 WIB

Viral Aksi Pria Gaek Mantan Pencopet Bongkar Kotak Amal Masjid

Syahdan Alamsyah - detikNews
Viral Aksi Pria Gaek Mantan Pencopet Bongkar Kotak Amal Masjid Pria terekam kamera pengintai saat membongkar kotak amal milik salah satu masjid di Sukabumi. (Foto: tangkapan layar facebook)
Sukabumi - MS usianya tidak lagi muda. Pria gaek berusia 84 tahun nekat membongkar kotak amal milik salah satu masjid di Kota Sukabumi. Aksi kriminal itu terekam kamera pengintai lalu foto dan videonya viral di media sosial (medsos).

Polisi berhasil menangkap kakek tersebut. Hasil pengusutan polisi, pelaku ternyata mantan pencopet. Bongsang, nama bekennya, mengaku malang melintang sebagai pencopet sejak 1984.

Sepanjang kiprahnya mengincar dompet korban, Bongsang menyebut sudah empat kali berurusan dengan polisi. Ia sering juga mendapat bogem mentah warga saat aksinya tepergok.

[Gambas:Video 20detik]


Pria berkacamata itu kembali merasakan berjumpa polisi gara-gara membongkar koropak atau kotak amal. Pengurus masjid yang kesal mengunggah gambar pria gaek tersebut di medsos.

"Saya enggak tahu kalau di masjid itu ada kameranya, sebelumnya sudah beberapa kali ke tempat itu aman," tutur Bongsang dengan suara terbata-bata saat ditemui detikcom di ruang Unit I Jatanras Satreskrim Polres Sukabumi Kota, Selasa (9/1/2018).
Pria gaek ini sudah ditangkap polisi. Pria gaek ini sudah ditangkap polisi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Bongsang mengaku memilih menjadi pencuri kotak amal karena menganggap lebih aman. Target sasarannya merupakan benda tak bergerak. Berbeda dengan mencopet orang yang harus mengikuti targetnya.

"Jadi pencopet sejak 1984 hingga 2000. Kemudian saya berhenti nyopet dan bekerja serabutan di Terminal Degung. Sekarang banyakan nganggurnya, sering pusing di keluarga, akhirnya kepikiran buat curi kotak amal," kata Bongsang.

Aksi Bongsang menncuri uang di kotak amal itu berlangsung Jumat (5/1). Lokasi tepatnya di Masjid An-Nur, Kebonjati, Kota Sukabumi. Singkat cerita, foto dan video aksi pelaku menyebar di medsos.

Polisi yang melihat informasi itu langsung bergerak dan menangkap Bongsang. "Wajahnya memang sudah tidak asing lagi. Dia sudah senior di dunia kejahatan, jadi ketika ada yang posting kami langsung olah TKP dan penangkapan. Perintah Kasatreskrim dan Kapolres harus bergerak cepat, pada esok harinya dia kita amankan di rumahnya di Kecamatan Cicurug," kata Kanit Jatanras Polres Sukabumi Kota Iptu Ganhda Syah Hidayat.

Gandha mengaku khawatir jika pria tua itu menjadi sasaran persekusi. Menghindari hal yang tidak diinginkan, polisi sigap menangkap pelaku dan memprosesnya secara hukum.

"Kita menghindari adanya main hakim sendiri, dia masih kita periksa untuk dikembangkan ke TKP lainnya," ucap Gandha.
Viral Aksi Pria Gaek Bongkar Kotak Amal di SukabumiAksi pria membongkar kotak amal masjid ini viral di medsos. (Foto: tangkapan layar Facebook)

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed