Potret Pasar Baru Bandung: PKL dan Parkir Menjamur di Trotoar

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 03 Jan 2018 13:44 WIB
PKL Pasar Baru/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Sebagai salah satu pusat perbelanjaan terlengkap dan terbesar, Pasar Baru Bandung hingga kini masih menjadi magnet bagi warga atau wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bandung.

Sayangnya pasar yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu itu hingga kini masih diselimuti berbagai masalah seperti Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar. Hal itu tentu saja menggangu kenyamanan.
Potret Pasar Baru Bandung: PKL dan Parkir Menjamur di TrotoarFoto: Tri Ispranoto

Rabu (3/12/2017) siang, detikcom berkunjung ke pasar yang berada di Jalan Oto Iskandardinata (Otista), Kota Bandung itu. Dari kejauhan antrean kendaraan sudah mulai terasa. Kondisi tersebut sangat lumrah setiap harinya, terlebih saat akhir pekan.

Memasuki Jalan Otista deretan PKL di kiri dan kanan trotoar sudah bisa terlihat dengan jelas. Kebanyakan PKL di tempat ini menjual aneka sandang seperti baju dan kerudung, tapi beberapa ada juga yang menjual aneka aksesori bahkan mainan anak.

Di antara deretan PKL terselip beberapa pedagang makanan yang menaruh gerobaknya juga di atas trotoar. Bahkan mereka yang membeli makanan akan langsung menyantapnya di meja dan kursi tepat di belakang gerobak dengan pemandangan lalu lalang orang.

Para PKL tersebut terpantau mulai berjualan dari simpang Otista-Suniaraja hingga Otista-Sudirman atau sekitar 700 meter panjangnya. Bahkan di beberapa gang di sekitar Pasar Baru seperti di Jalan Pasar Barat dan Jalan Pasar Utara serupa kondisinya dengan Jalan Otista.

Tidak hanya PKL, parkir liar di sekitaran Pasar Baru dari dulu hingga sekarang juga masih menjadi permasalahan. Bahkan parkir liar tidak hanya terlihat di badan jalan tapi beberapa di antaranya naik ke trotoar.
Potret Pasar Baru Bandung: PKL dan Parkir Menjamur di TrotoarFoto: Tri Ispranoto

Kondisi tersebut sangat menggangu lalu lintas karena kendaraan menutup sebagian badan jalan. Bahkan kondisi lalu lintas akan semakin parah jika ada kendaraan rombongan yang menurunkan penumpang tepat di pintu masuk Pasar Baru.

Sekitar satu jam detikcom menelusuri jalan sekitar Pasar Baru, tidak terlihat satu pun petugas berwenang seperti Satpol PP, Dishub atau kepolisian. Hanya terlihat sejumlah satpam yang mengatur lalu lintas dan mobil berhenti di depan Pasar Baru.


(avi/avi)