IMB Masjid Terapung Gedebage Tunggu Tim Ahli Bangun Gedung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Rabu, 03 Jan 2018 12:30 WIB
Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Pemprov Jawa Barat mengakui belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) untuk proyek Masjid Al Jabbar, masjid terapung di Gedebage. Pengurusan IMB masjid dengan nilai proyek hampir Rp 1 Triliun tersebut tinggal menunggu rekomendasi tim ahli bangun gedung (TABG).

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar M Guntoro mengatakan sudah mengurus permohonan IMB sejak Maret 2017. Ia memastikan sekitar 75 persen dari 41 item persyaratan IMB sudah dikantongi Pemprov Jabar.

"Hampir semua item persyaratan sudah. Tinggal beberapa rekomendasi dari TABG dari Pemkot Bandung saja yang belum keluar," kata Guntoro saat ditemui di kantornya, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (3/1/2018).

Ia menuturkan beberapa item persyaratan yang berkaitan rekomendasi TABG antara lain scan gambar site plan untuk luas tanah yang disahkan Distaru Kota Bandung. Kemudian scan laporan hasil orientasi pengukuran lahan dan scan hasil pengukuran lapangan.

Lebih lanjut dia menjelaskan persyaratan TABG lainnya yaitu jaringan proteksi kebakaran dari Diskar, rekomendasi peil (ketinggian) banjir dari Dinas Pekerjaan Umum, rekomendasi ijin jalan masuk Dinas PU dan rekomendasi ijin pematangan lahan.

"Kami sudah berulang kali konsultasi dengan TABG, dan mereka juga memberikan masukan dan revisi terkait perencanaan pembangunan," tutur dia.

Baca juga: Proyek Masjid Terapung di Gedebage Belum Kantongi IMB

Ia mencontohkan revisi yang dilakukan oleh TABG terhadap perencanaan proyek Masjid Al Jabbar ini yaitu pemasangan tiang pancang. Tim ahli menyarankan menggunakan bor pile untuk pemasangan tiang pancang agar memiliki kontruksi yang kokoh.

"Pakai bor pile alasannya lebih memudahkan dari sisi pelaksanaan, kedalaman (pancang) dan kondisi tanahnya juga kita ikutin. Kebanyakan bolak balik kita hargai mereka lah, kayak kita nyusun skripsi banyak revisi juga," ungkap Guntoro

Sebelumnya Pemkot Bandung memastikan pembangunan Masjid Al Jabbar belum mengantongi IMB. Berdasarkan catatan Pemkot Bandung, proyek Masjid Al Jabbar baru memiliki rekomendasi surat persetujuan pemanfaatan ruang (SPPR).

Dinas Tata Ruang dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyebut belum menerima permohonan pengajuan IMB. Namun, disisi lain groundbreaking Masjid Al Jabbar sudah dilakukan pada Jumat (29/12/2017). (ern/ern)