Tilang CCTV Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 28 Des 2017 21:39 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Sejak pertengahan 2017, jajaran Satlantas Polrestabes Bandung menerapkan tilang via kamera CCTV. Sistem tersebut diklaim efektif dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung.

"Sistem tilang ini sangat efektif. Dalam kurun waktu dua sampai tiga bulan sudah menilang 500 pelanggar lalu lintas melalui tilang CCTV ini," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kamis (28/12/2017).

Baca juga: Begini Pola Tilang CCTV yang Diterapkan di Bandung

Efektivitas penilangan via kamera CCTV tersebut berdampak langsung untuk penekanan angka kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung. Selama 2017, Hendro menjelaskan, jumlah laka lantas menurun dibanding 2016 dari 654 kasus menjadi 499 kasus.

"Tentunya ini secara otomatis dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas," katanya.

Selain itu, penggunaan kamera CCTV telah memudahkan personel Satlantas Polrestabes Bandung dalam pengungkapan pelanggaran lalu lintas. Sejauh ini, menurut Hendro, jumlah yang ditindak mencapai 150.975 pelanggaran.

Baca juga: Kagetnya Asep Saat Polisi Menilang di Kediamannya

Kendati demikian, Hendro mengungkapkan, masih ada kendala yang dihadapi dalam penerapan CCTV ini. Menurut dia, jumlah kamera CCTV yang terpasang di Kota Bandung masih belum mencukupi.

"Kendalanya itu, CCTV masih kurang. Tapi kita akan coba maksimalkan dengan CCTV yang ada di tahun 2018 nanti karena ini (tilang CCTV) perlu dipertahankan," tutur Hendro. (bbn/bbn)