DetikNews
Kamis 28 Desember 2017, 20:03 WIB

Ridwan Kamil Pamerkan Bandung Creative Hub Senilai Rp 40 M

Tri Ispranoto - detikNews
Ridwan Kamil Pamerkan Bandung Creative Hub Senilai Rp 40 M Gedung Bandung Creativ Hub di Jalan Laswi. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial resmi membuka Bandung Creativ Hub (BCH) setelah sebelumnya tertunda berbulan-bulan. Gedung ini berlokasi di Jalan Laswi.

"Hari ini alhamdullilah bangunan yang selama ini ditunggu-tunggu sudah mulai bisa berfungsi. Namanya Bandung Creative Hub," kata Emil, sapaan akrab Ridwan, di sela-sela pembukaan gedung BCH, Kamis (28/12/2017).

Saat pembukaan tersebut keduanya berkeliling gedung yang nampak warna-warni dari luar itu mulai dari lantai dasar hingga lantai enam. Tidak lupa satu persatu ruangan di setiap lantai di masuki oleh keduanya.
Ridwan Kamil Pamerkan Bandung Creative Hub Senilai Rp 40 MAde spot untuk berfoto gi gedung ini. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Di setiap ruang keduanya menyempatkan diri mengobrol dengan para kreator di setiap bidang berbeda. Seperti dengan komunitas drone, fotografer, komikus hingga barista.

Emil menyebut pembangunan BCH merupakan salah satu visi dan misinya dengan Oded untuk membawa Kota Bandung menjadi kota kreatif dunia dengan cara memberi fasilitas ruang dan teknologi.

"Sehingga warga Bandung tinggal bawa gagasan saja, orat-oret imajinasinya, bisa diwujudkan pototipe atau contohnya di sini," ucapnya.
Ridwan Kamil Pamerkan Bandung Creative Hub Senilai Rp 40 MRidwan Kamil menyebut gedung ini menghabiskan dana yang nilainya sekitar Rp 40 miliar. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Nantinya, kata Emil, jika karya tersebut berhasil maka pemerintah akan kembali membantu dengan cara memasarkannya. "Nanti akumulasinya kan membawa kreatif ekonomi yang sangat besar. Silahkan manfaatkan," ujar dia.

Emil memastikan tidak ada persyaratan khusus bagi warga yang ingin menggunakan ruang di tempat ini. Cukup membawa ide untuk karya yang akan dihasilkan, dan diprioritaskan ber-KTP Kota Bandung.

"Ada beberapa fasilitas gratis, ada berbayar misalnya sewa komputer. Intinya kami tidak mau mencari profit tapi lebih pada kemudahan saja," tutur Emil.
Ridwan Kamil Pamerkan Bandung Creative Hub Senilai Rp 40 MBCH merupakan salah satu visi dan misi Rodwan Kamil dan Oded M Danial untuk membawa Kota Bandung menjadi kota kreatif dunia. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Disinggung soal uang yang dihabiskan untuk gedung yang berada di Jalan Laswi itu, Emil mengaku tidak tahu secara detail.

"Mungkin sekitar Rp 40 miliar selama dua tahun terakhir ini," ujar pria berkacamata itu.

Di tempat yang sama Oded berharap warga bisa menjaga fasilitas yang sudah resmi tersebut. Diharapkan keberadaan BCH bisa membuat warga lebih kreatif dengan mengekspresikan langsung ide dan gagasannya.

"Kami bangun gedung ini untuk warga Bandung," ucap Oded.
Ridwan Kamil Pamerkan Bandung Creative Hub Senilai Rp 40 MPemkot Bandung siap membantu memasarkan hasil karya kreatif warganya. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)

(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed