DetikNews
Kamis 28 Desember 2017, 17:10 WIB

Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut Ada di Tiga Lokasi

Tri Ispranoto - detikNews
Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut Ada di Tiga Lokasi Patung Maung di perempatan Cihampelas-Wastukancana. (Foto/Tri Ispranoto)
Bandung - Keberadaan patung di Tugu Maung Bandung kini tengah menjadi perbincangan di kalangan warga. Karakter bentuk patung itu malah dikritik Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan menyebutnya mirip anjing laut.

Baca juga: Ridwan Kamil Kecewa Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut

Tugu Maung Bandung sendiri terdapat di tiga tempat berbeda. Kamis (28/12/2017) sore, detikcom mengabadikan satu persatu tempat yang menjadi lokasi tugu tersebut berdiri.

[Gambas:Video 20detik]


Saat ini seluruh tugu yang ada masih belum selesai dibangun. Bahkan rencananya pemerintah membuat patung baru untuk mengganti yang sebelumnya mirip anjing laut. Berikut tiga lokasi tugu tersebut:

1. Perempatan Wastukancana-Cihampelas
Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut Ada di Tiga LokasiTugu Maung di perempatan Jalan Wastukancana-Jalan Cihampelas. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Tugu yang ada di tempat ini adalah yang paling kecil di antara lainnya. Meski paling kecil namun lokasinya yang berada di jalur utama wisata menjadikan tugu ini paling gampang terlihat.

Di tempat ini tugu berukuran tinggi sekitar lima hingga tujuh meter itu hanya berbentuk bulat dan berdiri tepat tengah-tengah perempatan. Tidak terdapat ornamen tambahan dan hanya ada tugu yang berisi empat maung bandung dan jam di tengahnya.


2. Simpang Astanaanyar-Otto Iskandardinata (Pasar Lilin Tegalega)
Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut Ada di Tiga LokasiTugu Maung di simpang Jalan Astanaanyar-Jalan Otto Iskandardinata. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Berbeda dengan yang pertama, tugu di tempat ini cukup besar. Sebelum dibangun tugu, tempat tersebut sudah terlebih dahulu menjadi sebuah taman berbentuk pulau yang memisahkan persimpangan jalan.

Jika tugu pertama berbentuk bulat dan tanpa ornamen, di tempat ini tugu berbentuk segitiga mengikuti bentuk taman. Bahkan di tiga sudut tugu terdapat lampu taman yang menerangi sekaligus mewarnai lokasi saat malam tiba.

"Sudah empat hari ini lampu di taman menyala. Tapi enggak semua nyala, hanya beberapa," ujar Hermansyah (39) seorang pedagang atribut Persib Bandung di depan tugu.


3. Pertigaan Katamso-Supratman
Patung Maung Bandung Mirip Anjing Laut Ada di Tiga LokasiTugu Maung di pertigaan Jalan Katamso-Jalan Supratman. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bisa dibilang tugu yang berdiri di lokasi ketiga ini adalah yang paling besar dan megah. Sebab tugu berdiri di tengah taman yang juga saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Warga yang ingin berfoto dengan latar Tugu Maung Bandung lebih baik memilih tempat ini. Selain aman dari kendaraan yang lalu-lalang, tempatnya yang luas menjadikannya lebih nyaman.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed