Disbudpar Bandung Bidik Pasar Sarijadi Jadi Destinasi Wisata Halal

Mochamad Solehudin - detikNews
Minggu, 24 Des 2017 19:50 WIB
Pasar Sarijadi/Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung berencana menjadikan Pasar moderen Sarijadi sebagai destinasi khusus wisata halal di kota berjuluk Paris Van Java ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah berupaya mengembangkan wisata halal di Kota Bandung.

Berbagai fasilitas pendukung seperti sarana dan prasarana penunjang terus dipersiapkan. Bahkan pihaknya berencana menjadikan Pasar SAE Sarijadi sebagai destinasi khusus wisata halal di Kota Bandung.

"Salah satu destinasi khusus wisata halal, saya sedang menjajaki Pasar SAE di Sarijadi. Kan selama ini sepi. Saya sempat diskusi dengan berbagai pihak bagaimana kalau (Pasar SAE) dijadikan pasar halal. Di Indonesia selama ini belum ada. Kenapa tidak kita inisiasi di Kota Bandung," ujar Kenny, saat ditemui di kawasan Jalan Ir H. Djuanda, Kota Bandung, Minggu (24/12/2017).

Menurut Kenny, Kota Bandung memiliki segudang potensi wisata halal. Namun saat ini belum ada paket wisata yang menyajikannya. Untuk itu, dia berencana menggelar focus group discusion (FGD) dengan pihak-pihak terkait untuk membahas hal tersebut.

"Selain destinasi wisata yang akan dijadikan pasar halal, beberapa juga sebetulnya sudah jadi destinasi wisata halal. Seperti Alun-alun Kota Bandung, Pusdai. Cuman lagi-lagi belum jadi paket wisata. Makanya awal tahun depan rencananya saya itu membuat FGD tentang basic tour package," ucapnya.

Selain itu, tambah dia, untuk menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata halal di Jawa Barat perlu peran serta semua pihak. Mulai dari pemerintah dan juga para pelaku usaha.

"Perlu peran multi pihak untuk menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata halal. Kita butuh kerja sama dengan Dinas UMKM, terus data dengan Diskominfo, medis dengan Dinsek dan pihak lainnya," tandasnya (avi/avi)