Penderita Gangguan Jiwa yang Dilepas Deni Solang Kembali ke Panti

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 22 Des 2017 10:32 WIB
Foto suasana panti/Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Sempat dilepas, belasan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) penghuni Panti Aura Welas Asih kembali pulang. Alasan kepulangan merekapun cukup menyedihkan, kenapa?

Deni Solang, pemilik sekaligus pengelola Panti menyebut total keseluruhan yang keluar sendiri dari pantinya hingga Kamis (21/12/2017) ada sebanyak 16 orang. Setengah dari mereka tiba-tiba kembali pulang dan memilih untuk bertahan di panti miliknya.

Baca Juga: Deni Solang Lepas Belasan Penderita Gangguan Jiwa di Palabuanratu

Sebelumnya Deni berencana untuk mengembalikan mereka ke jalan, tapi karena alasan kemanusiaan Deni memilih untuk membuka pagar utama Panti yang biasanya selalu tertutup rapat.

"Ada 8 orang yang pulang lagi ke panti, mereka mengaku kesepian, kedinginan dan kelaparan. Yang membuat saya terharu mereka mengaku siap tetap diam di panti meskipun harus makan sehari sekali," kata Deni melalui sambungan telepon dengan detikcom, Jumat (22/12/2017).

Nada suara pria yang dikenal dengan julukan 'Teman Orang Gila' itu sedikit parau menahan rasa haru. "Saat ini di panti sudah berkumpul kembali sebanyak 22 orang, selain jompo dan mereka yang luka. Untuk aktivitas panti sebenarnya sudah berhenti, tapi mengingat ada yang memilih bertahan akhirnya ya kewajiban kita melayani mereka," beber Deni.

Deni memang memiliki cara berbeda ketika menangani pasien dengan gangguan jiwa, dia memperlakukan mereka layaknya sebagai teman. Mengobrol, merangkul hingga bergantian menghisap rokok.

Cara seperti inilah yang membuat ikatan antara Deni dan para penderita gangguan jiwa menguat sehingga kesadaran dirinya kembali muncul dan harapan untuk hidup layaknya orang normal kembali datang.

"Saya anggap mereka seperti saudara, intinya untuk mereka itu kenyang perut. Kalau perut mereka kenyang komunikasi juga lancar, tidak sedikit mereka juga curhat masalah kenapa bisa seperti saat ini," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panti Aura Welas Asih milik Deni Solang di Palabuhanratu, Sukabumi Jawa Barat tutup. Alasannya pengelola sudah tidak sanggup untuk mengeluarkan biaya operasional, pemerintah sendiri minim dalam memberikan tanggapan.

(avi/avi)