Selama 2017, WN Malaysia Paling Banyak Datang ke Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 19 Des 2017 21:16 WIB
Konferensi pers capaian tahunan di Kantor Imigrasi Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Kota Bandung menjadi magnet bagi warga negara asing (WNA). Selama 2017, WN asal Malaysia menjadi penyumbang terbanyak yang datang ke Bandung.

"109.473 WNA Malaysia datang ke Bandung melalui Bandara Husein Sastranegara," ucap Kepala Kantor Imigrasi Bandung Sri Warnati saat konferensi pers capaian tahunan di Kantor Imigrasi Bandung, Jalan Surapati, Kota Bandung, Selasa (19/12/2017).

Ia menuturkan banyaknya warga Malaysia yang datang ke Bandung ini rata-rata untuk berwisata. Ada pula WNA asal Malaysia yang tujuannya sekolah.

Sementara berdasarkan data 2017, sambung Sri, WNA yang datang ke Bandung paling banyak bertujuan studi. Total ada 906 WNA yang mengajukan izin tinggal sementara (ITAS) untuk kuliah di Bandung.

"Di sisi lain, yang mengajukan ITAS untuk bekerja juga cukup banyak. Jumlahnya mencapai 874," kata Sri.

Selain pengajuan ITAS, menurut Sri, ada juga WNA yang telah memegang izin tinggal tetap (ITAP). Selama 2017, jumlah pemegang ITAP ke kantor imigrasi Bandung mencapai 116 orang.

"Paling banyak pemegang ITAP ini yang sudah berkeluarga. Bisa suaminya yang ikut istri orang Indonesia atau sebaliknya," ujar Sri. (bbn/bbn)