72 WNA di Bandung Dideportasi Sepanjang 2017

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 19 Des 2017 20:37 WIB
Konferensi pers hasil capaian Imigrasi Bandung selama 2017. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Sebanyak 72 orang warga negara asing (WNA) dideportasi Kantor Imigrasi Kelas I Bandung selama 2017. Puluhan WNA tersebut dideportasi lantaran melebihi batas tinggal.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Bandung Sri Warnati saat konferensi pers hasil capaian Imigrasi Bandung selama 2017 di kantor Imigrasi Bandung, Jalan Surapati, Kota Bandung, Selasa (19/12/2017).

"Kita ada tindakan hukum keimigrasian yang selama 2017 jumlahnya mencapai 222 tindakan hukum. Dari jumlah itu, 72 WNA dideportasi serta sisanya dikenakan beban biaya dan denda," kata Sri.

Sri menuturkan ada dua tipe deportasi yang dilakukan kantor imigrasi Bandung terhadap puluhan WNA tersebut. Sebanyak 32 orang dideportasi tanpa usulan penangkalan, sementara 40 lainnya dideportasi disertai usulan penangkapan.

Sri melanjutkan 72 orang yang dideportasi ini lantaran mereka telah melanggar peraturan yang tertuang dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2016. Aturan tersebut berisi tentang batasan waktu tinggal WNA.

"Jadi rata-rata yang dideportasi ini karena masalah over stay dan ilegal," tuturnya.

Selain deportasi, selama 2017 imigrasi Bandung telah menolak kedatangan WNA melalui Bandara Husein Sastranegara. Penolakan dilakukan lantaran imigrasi selektif sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku. Menurut dia, WNA yang dicurigai menimbulkan efek negatif, ditolak masuk ke Bandung.

"Totalnya yang ditolak ada 26 WNA. Paling banyak dari RRC (Republik Rakyat China) jumlahnya tujuh orang," kata Sri. (bbn/bbn)