DetikNews
Senin 18 Desember 2017, 15:16 WIB

Tim Survei Sungai Citarum, Kodam Siliwangi: Banyak Lahan Gundul

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Tim Survei Sungai Citarum, Kodam Siliwangi: Banyak Lahan Gundul Pangdam III Siliwangi lepas tim survei sungai Citarum/Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Tim survei penanganan sungai Citarum Kodam III Siliwangi menemukan permasalahan di sungai Citarum. Selama dua pekan pemantauan, tim menemukan banyak lahan gundul sepanjang sungai tersebut.

"Lahannya rata-rata sudah gundul dari hasil pemantauan," ucap Wakapendam Siliwangi Letkol Sri FX Wellyanto kepada detikcom via sambungan telepon, Senin (18/12/2017).

Lahan gundul tersebut, kata Welly, berada di sepanjang jalur sungai Citarum. Bukan hanya sepanjang jalur, lahan gundul juga terjadi di hulu sungai Citarum di Situ Cisanti.

"Sekitar hulu sungai di Gunung Wayang ada dua puluh ribu hektare yang harus ditanami lagi. Itu baru di hulu, belum di sektor lainnya," tuturnya.

Ia menambahkan gundulnya lahan di sungai Citarum menjadi suatu persoalan. Sebab bukan tidak mungkin, hal itu akan memicu dampak yang luas bagi masyarakat sekitar.

"Kalau sampai gundul lalu sedimentasi turun dan air tidak tertampung bisa meluap dan memicu banjir," katanya.

Hasil pemantauan yang dilakukan oleh tim yang dipimpin perwira TNI tersebut telah disampaikan langsung ke Pangdam III Siliwangi Mayjen Doni Monardo. Pangdam langsung menginstruksikan jajarannya untuk mulai melakukan penghijauan kembali.

"Upaya penghijauan sudah mulai dilakukan. Pembibitan baik bibit dari kita atau beli juga mulai dilakukan. Prioritas pertamanya di hulu sungai terlebih dahulu," kata dia.

Penghijauan kembali ini dilakukan sambil menunggu program penanganan secara masif dilakukan. Kodam Siliwangi sendiri menargetkan awal tahun tim penanganan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemda serta pegiat lingkungan sudah mulai bekerja.

Seperti diketahui, pada Selasa (5/12) lalu Kodam Siliwangi melepas tim survei penanganan Citarum. Tim akan mengecek beragam permasalahan sebelum benar-benar memulai revitalisasi sungai Citarum.
(avi/avi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed