DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 18:11 WIB

Strategi Polisi Urai Macet Jalur Garut Saat Natal dan Tahun Baru

Hakim Ghani - detikNews
Strategi Polisi Urai Macet Jalur Garut Saat Natal dan Tahun Baru Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto saat memantau kesiapan di Pos OPS Lilin Lodaya 2017 Polres Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto meninjau jalur selatan untuk mengecek kesiapan pengamanan lalu lintas kendaraan menjelang Natal 2017 dan tahun baru 2018. Setelah meninjau kesiapan di Terminal Leuwi Panjang dan kawasan Nagreg, Bandung, Agung melanjutkan pengecekan ke jalur Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut.

"Sekarang sudah siap, Polri dibantu TNI dan seluruh dinas, seperti tadi Dinas Kesehatan dan Satpol PP dari kabupaten. Ini semua bersinergi melayani dan melindungi masyarakat," kata Agung kepada wartawan di Pos Ops Lilin Lodaya Polres Garut, Jalan Raya Limbangan, Kecamatan Limbangan, Garut, Minggu (17/16/2017).

Agung menyebut jalur Garut di sepanjang Limbangan-Malangbong merupakan titik sumber kemacetan. "Kalau tidak dikelola bisa panjang macetnya. Jadi saya mau cek kesiapan anggota untuk nanti membantu masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan sistem satu arah ialah strategi untuk mengurai kemacetan di jalur tersebut. "Jadi gini, kalau untuk jalur selatan tidak ada jalur alternatif. Mau dilebarin jurang, sebelah kanannya rumah orang. Paling satu-satunya (cara mengurai kemacetan) gantian. Dipending separuh-separuh," tuturnya.

"Kita bersyukur sudah ada lingkar Nagreg, tapi tetap belum maksimal. Karena memang jumlah kendaraan bertambah terus, yang aktivitas bertambah," kata Agung menambahkan.

Untuk libur Natal dan tahun baru kali ini, Agung memprediksi volume kendaraan yang melintasi jalur ini akan meningkat sekitar tiga hingga empat persen dari biasanya.

"Namanya libur panjang ini pasti ada peningkatan, tapi tidak signifikan. Paling tiga sampai empat persen. Itu prediksi, bisa berubah. Untuk tujuan ke Jawa saya kira tidak terlalu banyak dibanding dengan Lebaran," ucap Agung.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed