DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 16:17 WIB

Saat Dirigen Viking Ajak Massa Selawat di Aksi Bela Palestina

Tri Ispranoto - detikNews
Saat Dirigen Viking Ajak Massa Selawat di Aksi Bela Palestina Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Ribuan umat muslim Kota Bandung menggelar aksi Selamatkan Al Aqsa dengan berjalan kaki dari Masjid Pusdai Jalan Diponegoro menuju Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Jumat (15/12/2017).

Dari pantauan detikcom massa berasal dari sejumlah kelompok mulai dari Bandung Fighting Club, Viking Bandung Aliansi Pergerakan Islam, Bandung Motor Club, dan sejumlah ormas islam di Kota Bandung. Selain itu terlihat juga tiga geng motor yang kini telah menjadi ormas, yakni XTC, Brigez dan Moonraker.

Telihat pula sejumlah massa membawa bendera Palestina dan bendera organisasi masing-masing. Nampak pula bendera Indonesia berkibar di tengah-tengah massa. Beberapa massa juga nampak membawa sejumlah spanduk yang mengecam pernyataan Donald Trump terkait Yerusalem sebagai ibu kota Palestina seperti 'Bebaskan Kiblat Pertama yang Terpenjara Kezaliman' dan 'No US Embassy'.


Saat Dirigen Viking Ajak Massa Selawat di Aksi Bela PalestinaFoto: Tri Ispranoto


Dalam aksinya massa sempat berorasi di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Kemudian massa melanjutkan perjalanan dengan kembali menggelar orasi di depan Mal BIP, Jalan Merdeka, Kota Bandung.

Massa mulai berdatangan ke Jalan Merdeka pada pukul 14.45 WIB. Mereka langsung membentuk barisan tepat di depan pintu Mal BIP. Banyaknya massa yang datang bahkan sampai menutup setengah Jalan Merdeka mulai dari perempatan Jalan LL RE Martadinata (Riau) hingga Jalan Aceh.

Di tempat ini sejumlah sejumlah tokoh pemuda dan agama bergantian berorasi. Salah satunya yang berorasi adalah pentolan pendukung Persib Bandung Yana Umar.

"Setelah kita dibakar semangatnya saatnya kita tenang sejenak. Kita bersama berselawat," ujar pria yang dikenal sebagai Dirigen Viking itu.

Saat Dirigen Viking Ajak Massa Selawat di Aksi Bela PalestinaFoto: Tri Ispranoto


Ajakan Yana itu langsung direspon oleh massa yang langsung mengumandangkan selawat selama kurang lebih lima menit itu. Sesekali terdengar suara Yana dari pengeras suara menahan isak tangis haru saat massa berselawat bersamanya.

Usai berselawat, orasi dilanjut oleh sejumlah tokoh seperti Ustad Athian Ali, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Anggota DPRD Kota Bandung Edwin Sanjaya.

Hingga pukul 15.25 WIB massa masih mendengarkan sejumlah orasi di depan Mal BIP. Rencananya massa akan kembali melanjutkan aksinya dengan berjalan menuju Masjid Al Ukhuwah yang berada di Jalan Wastukancana, Kota Bandung.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed