DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 21:16 WIB

Limbah Medis di Cirebon, Denpom Selidiki Keterlibatan Oknum TNI

Sudirman Wamad - detikNews
Limbah Medis di Cirebon, Denpom Selidiki Keterlibatan Oknum TNI Danrem 063/SGJ Kolonel Veri Sudijanto Sudin (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Kabupaten Cirebon - Seorang oknum anggota TNI diduga terlibat kasus pembuangan limbah medis di Kabupaten Cirebon. Komandan Korem (Danrem) 063/SGJ Kolonel Veri Sudijanto Sudin menegaskan tidak tebang pilih dalam menangani masalah limbah medis rumah sakit yang ditemukan menumpuk di tempat pembuangan sementara (TPS) liar.

"Adanya oknum yang terlibat sudah mulai proses pemeriksaannya. Bahkan dari kemarin. Kami tidak akan tebang pilih dan menindak tegas sesuai dengan aturan TNI," kata Veri saat ditemui di lokasi tempat pembuangan sementara (TPS) liar, Desa Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (14/12/2017).

Baca juga: Oknum Aparat Diduga Kelola Limbah Medis di Cirebon

Menurut Veri, Detasemen Polisi Militer (Denpom) sudah bergerak menyelidiki dugaan terlibatnya oknum TNI berkaitan kasus tersebut. Sebanyak 30 orang telah dipanggil sebagai saksi.

Saat ditanya mengenai peran oknum tersebut, Veri mengatakan belum mengetahui karena masih dalam proses pemeriksaan. "Kita sedang selidiki oknum ini. Oknum bertugas di Jawa Barat, kalau tak salah pangkatnya sersan," ujarnya.

Baca juga: 34 Rumah Sakit Diduga Buang Limbah Medis di Cirebon

Selain itu, pihaknya juga mendukung proses penegakan hukum yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait pembuangan limbah medis tersebut. Bahkan, sambung dia, Kodam III Siliwangi sudah melakukan penanaman di lokasi sekitar TPS liar.

"Kami akan hijaukan lokasi ini, kemarin Pangdam Siliwangi sudah melakukan penanaman di sini," ucap Veri.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed